Dokter Onkologi di Singapura

Tips Mencari Dokter Onkologi di Singapura

Singapura memang salah satu bahkan negara yang memiliki fasilitas dan ahli kesehatan terbaik di Asia. Maka dari itu banyak sekali pasien-pasien yang datang ke Singapura untuk mendapatkan pengobatan.

Pengobatan kanker adalah yang paling sering dicari di Singapura oleh pasien-pasien dari luar negeri. Terutama dari Indonesia.

Oleh karena rumah sakit kanker di Indonesia sangat terbatas maka tenaga medis atau ahlinya pun terbatas. Oleh karena itu banyak pihak rumah sakit yang akhirnya memberikan rujukan kepada pasien kanker untuk berobat ke Singapura.

Di sana semua alat perawatannya sudah canggih, dan ada banyak rumah sakit yang dapat menangani penyakit kanker.

Apabila ingin mengobati kanker di Singapura maka ada harus tahu dulu tips mencari dokter onkologi di Singapura. Meski memiliki kinerja yang baik tapi tidak semua dokter onkologi cocok untuk mengobati pasien kanker dari Indonesia.

Apabila Anda sedang mencari informasinya bisa lihat artikel ini yang akan membahasnya. Namun sebelumnya akan dibahas dulu mengenai apa itu onkologi, dan perannya dalam mengobati atau menangani kanker.

Peran Onkologi Bagi Penderita Kanker

Onkologi adalah ilmu yang berkaitan dengan kanker, sedangkan untuk dokter yang mengkhususkan pada bidang ini disebut dengan onkolog. Dibandingkan dengan dokter umum tentunya mereka lebih memiliki pemahaman dalam mengobati atau menangani pasien penderita kanker.

Oleh karena kanker merupakan penyakit yang paling mematikan dan serius maka sering sekali seorang pasien kanker ditangani oleh lebih dari satu orang onkolog.

Mereka bisa memberikan saran kepada pasien mengenai cara penanganan atau pemeriksaan. Termasuk yang menentukan apakah penderita kanker harus melakukan pembedahan radio terapi atau kemoterapi.

Onkolog bisa juga disebut sebagai ahli kanker. Secara klinis onkolog berbagi jadi tiga bidang, yaitu onkologi radiasi, onkologi medis, dan onkologi bedah.

Onkologi radiasi adalah salah satu bentuk penanganan penyakit kanker menggunakan radiasi terapeutik. Sedangkan onkologi medis mempunyai fokus ke padahal penanganan kanker dengan cara pengobatan misalnya dalam hal perawatan kemoterapi. Lalu onkologi bedah adalah yang mempelajari berbagai aspek mengenai ilmu bedah pada penyakit kanker seperti biopsi, stadium, dan reseksi bedah tumor.

Kebanyakan pasien penderita kanker akan berhubungan dengan onkolog medis dengan lebih banyak. Oleh karena mereka bisa memeriksa, mendiagnosa, sampai memberikan rekomendasi mengenai penanganannya.

Jenis kanker yang dapat ditangani oleh onkolog medis antara lain tumor, kanker ginjal, kanker kulit, kanker darah atau leukemia, kanker ovarium, kanker saluran pencernaan, kanker kolorektal, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Oleh karena itu Anda harus memilih dokter onkologi yang berpengalaman dan memang sudah mengerti akan berbagai hal mengenai penyakit kanker. Mereka harus bisa mendiagnosa dengan cepat dan menanganinya dengan cepat juga.

Oleh karena pasien dengan penyakit ini butuh perawatan dan penanganan terbaik supaya kelangsungan hidupnya bisa terjamin. Jika diagnosis dilakukan semakin cepat maka peluang keberhasilan untuk menanganinya juga jauh lebih besar.

Cara Mencari Dokter Onkologi di Singapura

Ada begitu banyak dokter onkologi di Singapura karena rumah sakit yang dapat menangani pasien kanker juga ada banyak. Cara untuk mencari dokter onkologi di Singapura yang tepat akan dibahas di bawah ini.

Sebelum memutuskan untuk berobat di Singapura mungkin Anda bisa melakukan pengobatan dulu di Indonesia. Nanti baru minta rekomendasi dari dokter Anda yang telah memberikan diagnosis kanker pertama kali. Nanti dokter akan memberikan saran penanganan kepada dokter lain.

Ada juga bisa meminta saran kepada dokter untuk memilih rumah sakit yang paling tepat dengan kondisi Anda. Pastinya dokter akan memiliki banyak sekali informasi mengenai ahli-ahli dalam mengobati penyakit kanker.

Sesudah itu pertimbangkan hal-hal berikut ini dalam memilih dokter spesialis kanker yang ada di Singapura.

1. Harus Ada Kemudahan Berkonsultasi

Oleh karena ada jauh dari Indonesia maka Anda harus pastikan bahwa Anda bisa berkonsultasi dengan mudah. Oleh karena ini, kebanyakan pasien harus mau tinggal sementara waktu di Singapura agar dapat bertemu dokter dengan lebih mudah.

Sebelumnya Anda harus melakukan uji skrining dulu agar dapat mencegah penyebaran kanker dan dapat pengobatan kanker yang paling tepat. Anda harus membuat janji pertemuan dulu dengan dokternya paling lambat pada hari kerja berikutnya.

Dengan menghubungi dokter dan membuat janji dengan mereka Anda dapat menanyakan akan penggunaan PET, MRI, atau CT scan.

2. Pilih Dokter yang Tahu Kondisi Anda

Jika sebelumnya Anda melakukan pengobatan di Indonesia maka harus pastikan bahwa dokter ini memberikan rincian akan penyakit Anda dengan lengkap. Sesudah itu baru cari dokter di Singapura yang paling bisa menangani kondisi Anda.

Dalam menangani kondisi penyakit kanker Anda ada banyak sekali dokter spesialis yang bisa membantu Anda menyembuhkannya. Bukan hanya dokter onkologi radiasi, dokter onkologi bedah, dan dokter onkologi.

3. Harus Punya Etika dan Standar Profesional

Oleh karena akan menang ini penyakit serius maka dokter yang Anda pilih harus punya etika yang baik dan standar profesional. Dengan demikian penanganan kanker Anda akan lebih optimal.

Memang semua dokter spesialis kanker yang ada di Singapura telah melakukan pelatihan dan memiliki pengalaman klinis yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. Oleh karena sudah sangat terkenal akan pakar medisnya maka Anda akan lumayan mudah menemukan dokter yang direkomendasikan.

Namun jika tidak menemukannya berikut ini ada beberapa rekomendasi dokter onkologi untuk Anda. Kebanyakan adalah dokter yang sudah memiliki pengalaman di Singapura bahkan USA dan UK.

Dokter Onkologi Singapura Terbaik

Berikut ini beberapa daftar dokter onkologi Singapura yang terbaik karena telah berpengalaman.

  • Dr. Wong Seng Weng

Adalah dokter spesialis kanker yang juga seorang medical director di RS Mount Elizabeth pada bagian The Cancer Center.

Biasanya dokter ini dipilih oleh pasien Indonesia yang memiliki kanker saluran pencernaan, kanker payudara, dan kanker paru-paru. Dokter ini sudah memiliki pendidikan pengalaman bahkan sertifikasi dari UK dan Singapura.

  • Dr. Wong Chiung Ing

Dokter ini juga sudah memiliki pengalaman sertifikat dan pendidikan dari UK dan Singapura. Penanganan kanker yang dapat dilakukan oleh dokter ini adalah kanker kandungan, kanker serviks, dan kanker payudara.

  • Dr. Joyce Chua Horng Yiing

Merupakan dokter berpengalaman lulusan dari UK, Singapura, dan USA. Merupakan dokter spesialis anak yang dapat menangani hematologi anak, onkologi anak, dan bedah anak. Saat ini bekerja di Raffles Hospital Singapura.

Apabila ingin bertemu dengan dokter onkologi Singapura terbaik lainnya maka Anda bisa mengunjungi rumah sakit Mount Elizabeth. Salah satu rumah sakit terbaik di Singapura ini mampu memberikan penanganan-penanganan untuk penyakit berat seperti jantung dan kanker.

Semua jenis kanker dapat diobati di sini karena memiliki peralatan canggih untuk menyembuhkan penyakit kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa di terapi di rumah sakit ini antara lain kanker tiroid, kanker lambung, kanker prostat, kanker pankreas, kanker indung telur, kanker nasofaring, kanker paru-paru, kanker liver, kanker pita suara, kanker ginjal, kanker kolorektal, kanker serviks, kanker payudara, kanker darah atau limfoma, kanker darah (leukimia), dan kanker kandung kemih.

Di rumah sakit ini ada 39 orang spesialis kanker yang punya pengalaman bertahun-tahun dan memiliki kemampuan yang sangat baik. Namun Anda harus membuat janji bertemu  dengan mereka. Selain dapat ditemui di rumah sakit ini kebanyakan dari mereka juga memiliki klinik sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai tips mencari dokter onkologi di Singapura dan beberapa rekomendasinya.

Baca artikel lain mengenai Deteksi Dini Kanker Serviks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.