Dokter Kanker Terbaik

Dokter-dokter Kanker Terbaik dari Malaysia dan Singapura

Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh ketidaknormalan pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang lama-kelamaan berubah menjadi sel kanker yang dapat menyebar ke bagian-bagian tubuh lain dan jika didiamkan dapat menyebabkan kematian. Biasanya, penderita kanker tahap awal tidak merasakan gejala apapun, tetapi baru merasakannya saat kanker tersebut sudah memasuki stadium lanjut.

Kebanyakan orang menganggap bahwa kanker adalah tumor, padahal tidak semua tumor dapat dikatakan sebagai kanker. Tumor memiliki pengertian benjolan abnormal pada tubuh dan digolongkan menjadi dua jenis, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor ganas inilah yang disebut dengan kanker.

Pengobatan Kanker dengan Kemoterapi

Salah satu pengobatan penyakit kanker yang umum dilakukan adalah dengan kemoterapi. Pengobatan ini menggunakan obat-obatan khusus yang dapat memperlambat, menghentikan, dan menghancurkan pertumbuhan sel-sel kanker yang menyerang bagian-bagian tubuh. Selain itu, kemoterapi juga dapat digunakan oleh penderita kanker yang membutuhkan terapi kombinasi, seperti berikut ini.

1. Kemoterapi neo-ajuvan

Kemoterapi ini digunakan untuk mengecilkan tumor sebelum penderita melakukan bedah pengangkatan tumor.

2. Kemoterapi ajuvan

Kemoterapi ini digunakan oleh penderita kanker hanya sebagai terapi lanjutan, baik untuk menghancurkan sisa-sisa sel kanker setelah bedah pengangkatan tumor ganas maupun untuk terapi radiasi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh tenaga medis dalam pemberian kemoterapi ini, antara lain dengan suntikan melalui pembuluh darah vena (intra-vena/IV), suntikan melalui rongga perut (intra-peritonial/IP), suntikan melalui pembuluh darah arteri (intra-arteri/IA), dengan diminum (oral), atau dengan obat oles (topikal).

Onkolog sebagai Dokter Spesialis Kanker

Dokter yang khusus menangani penyakit kanker disebut dengan onkolog dan ilmu yang mempelajari segala hal tentang kanker disebut dengan onkologi. Onkolog dibagi menjadi tiga, yaitu onkolog bedah yang fokus pada pembedahan, onkolog medis yang fokus pada pengobatan seperti kemoterapi, dan onkolog radiasi yang fokus pada terapi radiasi.

Onkolog yang lebih sering berhubungan dengan penderita kanker adalah onkolog medis karena melakukan pemeriksaan, mendiagnosis, berdiskusi dengan penderita tentang langkah-langkah yang harus dilakukan, mengatur dan mengawasi proses pengobatan, dan memantau kondisi penderita pasca-pengobatan.

Referensi Onkolog Medis di Malaysia dan Singapura

Tidak jarang penderita kanker berobat ke luar negeri, khususnya Malaysia dan Singapura, karena peralatan yang lebih canggih dan pelayanan yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa onkolog medis yang dapat dijadikan referensi.

Onkolog Medis Malaysia

Salah satu negara yang menjadi negara tujuan berobat bagi penderita kanker adalah Malaysia. Berikut ini adalah onkolog yang dapat dijadikan referensi berobat.

1. Christina Ng Van Tze

Dr. Christina Ng Van Tze adalah dokter spesialis onkoligi di Sunway Medical Centre Kuala Lumpur dan Pantai Hospital Kuala Lumpur yang fokus menangani kanker ganas pada lambung dan usus, kanker kolorektal, kanker paru-paru, kanker payudara, dan terapi sistemik untuk berbagai jenis kanker. Sub-spesialis yang beliau geluti meliputi spesialisasi diagnosis dan penyembuhan kanker dengan kemoterapi, terapi hormone (hormonal therapy), terapi tertarget (targeted therapy), dan immunotherapy.

Onkologi media wanita ini menempuh pendidikan di University of Melbourne, Australia, dan mendapatkan gelar Bachelor of Medicine, Bachelor of Surgery (MBBS) pada 1992. Kemudian, melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar Felloship of the Royal Australasian College of Physicians pada 2002 di Australia. Pada 2007, beliau mendapatkan penghargaan sebagai Honorary Consultant to Clinical Research Center, Ministry of Health, Malaysia.

2. Joseph K. Joseph

Dr. Joseph K. Joseph adalah dokter spesialis onkologi di Sunway Medical Centre Kuala Lumpur yang fokus menangani kemoterapi sistemik dan terapi kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker saluran cerna. Selain itu, beliau juga melakukan pendekatan integrative dengan melibatkan ukuran gaya hidup dan memberikan terapi gratis bagi penderita kanker stadium lanjut.

Beliau menempuh pendidikan di Royal College of Surgeons, Dublin, Irlandia, pada 1988. Kemudian, beliau melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar MRCP di Royal College of Physicians, Inggris; mendapatkan sertifikat kompetensi untuk Onkologi Medis dari European Society of Medical Oncology; dan mendapatkan gelar Spesialis Terakreditasi Onkologi Medis dan Penyakit Dalam di Malaysian Medical Council.

Onkolog Medis Singapura

Selain sebagai destinasi wisata, Singapura juga menjadi salah satu negara tujuan untuk berobat, seperti pengobatan kanker. Di sana, banyak rumah sakit dengan peralatan canggih yang digunakan untuk mengobati salah satu penyakit mematikan ini.

1. Ang Cher Siang Peter

Dr. Ang Cher Siang Peter adalah dokter spesialis onkologi medis di Parkway Hospital Singapore, Mount Elizabeth Medical Centre, dan Gleneagles Medical Centre Singapore yang fokus menangani kanker kolorektal, kanker paru-paru, dan kanker payudara. Selain itu, beliau juga menjadi Anggota Royal College of Physicians di Inggris. Keahliannya ini beliau tuangkan dalam buku berjudul “Illustrative Cases in Breast Cancer” pada 2006.

Beliau menempuh pendidikan di National University of Singapore dan mendapatkan gelar Bachelor of Medicine, Bachelor of Surgery (MBBS) pada 1991. Pada 1997, beliau melanjutkan pendidikan dan mendapatkan gelar Master in Medicine di universitas yang sama. Sebelum membuka praktik sendiri, beliau pernah menjadi Konsultan Senior di Departemen Onkologi Medis Pusat Kanker Nasional, dokter utama untuk program kanker payudara, dan Direktur Pendidikan Kanker.

2. Lim Hong Liang

Dr. Lim Hong Liang adalah dokter spesialis onkologi medis di Parkway Cancer Centre dan Mount Elizabeth Medical Centre Singapura yang fokus menangani kanker kepala, kanker leher, dan kanker paru-paru. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Hematologi dan Onkologi serta Ketua Asosiasi dari Medical Board di National university Hospital; pemimpin ahli onkologi medis di Klinik Tumor Paru-Paru, Tan Tock Seng Hospitas; dan kepala bagian Onkologi Torasik bagian Kepala dan Leher dan Program Transplantasi Sumsum Tulang di National University Hospital.

Beliau menempuh pendidikan di National University Hospital pada 1986 dan mendapatkan gelar Bachelor of Medicine, Bachelor of Surgery (MBBS). Pada 1992, onkolog senior berpengalaman ini mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Department of Thoracic Oncology di Tokyo National Cancer Centre Jepang, dari Japan JICA. Pada 1995, beliau juga mendapatkan beasiswa untuk mendalami kemoterapi dosis tinggi dan transplantasi sumsum tulang di St. Vincent’s Hospital Sydney, Australia, dari Departemen Kesehatan Singapura.

3. Tay Miah Hiang

Dr. Tay Miah Hiang adalah dokter spesialis onkologi medis di Gleneagles Medical Centre Singapore, Mount Elizabeth Medical Centre, dan Mount Alvernia Hospital Singapore yang fokus menangani kanker ginjal dan kanker prostat. Beliau membagikan ilmunya dengan menulis beberapa bab di dalam beberapa buku, seperti buku teks komprehensif “Genitourinary Oncology” edisi ke-3, “Panduan Lengkap Kanker Amerika untuk Kanker Prostat” pada 2006, dan buku pelajaran tentang Urologic Oncology pada 2004.

Beliau menempuh pendidikan di National University of Singapore dan mendapatkan gelar Master of Medicine pada 1992; mendapatkan beasiswa Program Pengembangan Tenaga Kerja Departemen Kesehatan pada 2003 di Dana Farber Cancer Institute, Boston, Amerika; dan menyelesaikan Program Pengobatan Kanker dan Hematologi pada 2003 di Harvard Medical School, Boston, Amerika. Pada 2006, Dr. Tay Miah Hiang pernah mendapatkan Penghargaan Emas Pelayanan Terbaik dan pada 2007, pernah mendapatkan penghargaan Star Award.

Itulah beberapa onkolog di Malaysia dan singapura yang dapat dijadikan referensi berobat bagi penderita kanker. Sebelum berobat ke luar negeri, alangkah baiknya jika penderita kanker beserta keluarga mempelajari, merundingkan, dan mempertimbangkan segala hal yang diperlukan.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Daun Binahong untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.