Diet Untuk Penderita Kanker

Diet Untuk Penderita Kanker, Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?

Pikiran juga ikut berpengaruh.

Jumlah pengidap kanker terus bertambah setiap tahunnya. Kanker disebabkan oleh beberapa hal, antara lain faktor genetika, lingkungan, dan makanan. Faktor genetika bisa karena keturunan dari orangtua, lingkungan mereka yang kerap terpapar radiasi di lingkungan kerja, serta faktor makanan juga bisa menjadi pemicu kanker.

Kondisi fisik seseorang seperti kegemukan juga bisa menjadi pemicu kanker.  Seseorang yang mengidap kanker harus benar-benar menjaga kondisi fisiknya. Baik dari asupan makanan ataupun olahraga dan istirahat yang cukup.

Nutrisi, asupan gizi, dan oksigen yang cukup dalam tubuh bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Apalagi mereka yang menjalani pengobatan kemoterapi. Seperti yang diketahui, kemoterapi selain dapat membunuh sel kanker, sangat mungkin juga dapat membunuh sel yang masih hidup. Itu sebabnya makanan sehat sangat diperlukan untuk penderita kanker.  Tujuannya untuk dapat menyeimbangkan tubuh dari efek kemoterapi dan tentu saja untuk memberikan pengobatan secara alami.

Makanan yang sehat bukan saja untuk mengobati penderita kanker. Makanan dan gaya hidup sehat dapat pula menjauhkan seseorang dari bahaya kanker. Buah dan sayur adalah makanan wajib bagi penderita kanker. Kandungan antioksidan dan nutrisi dalam buah dan sayur tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kondisi fisik penderita kanker harus benar-benar terjaga dengan baik. Selain itu, penderita kanker dianjurkan untuk menjalankan diet sehat dan aktivitas fisik. Faktor-faktor tersebut penting dalam pencegahan dan penanganan penyakit kanker. Untuk menurunkan risiko kanker penderita harus menjalankan gaya hidup sehat.

Mereka yang terbiasa hidup sekenanya dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat harus mau berubah.  Agar dapat terhidar dari penyakit kanker yang membahayakan.  Berat badan yang ideal sangat dianjurkan , mereka yang memiliki berat badan berlebih harus mengubah pola hidup mereka. Timbunan lemak sangat berbahaya  bagi perkembangan sel kanker.

Makanan yang Disarankan untuk Penderita Kanker

Penderita kanker wajib hukumnya untuk menjaga pola makan. Buah dan sayuran sangat dianjurkan bagi penderitakanker untuk mencukupi nutrisi dalam tubuhnya. Pengobatan baik secara medis dan herbal saja akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan asupan gizi yang cukup. Berikut ini adalah makanan yang disarankan untuk penderita kanker.

1. Makanan Organik

Kandungan pestisida dan zat kimia sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk tubuh yang sehat saja berbahaya, apalagi untuk mereka yang mengidap kanker. Zat kimia dapat merusak sel-sel tubuh bahkan dapat merangsang pertumbuhan sel kanker.  Makanan organik memang lebih mahal, namun akan memberikan manfaat lebih pada tubuh.  Itu sebabnya penderita kanker sebisa mungkin menghindari makanan olahan dan makanan berpengawet.

2. Mengkonsumsi Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah yang dikonsumsi tentu saja yang organik. Kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang ada pada buah dan sayur bermanfaat untuk menjaga sel –sel yang ada dalam tubuh agar tetap sehat. Untuk lebih optimal sebaiknya konsumsi sayur dan buah ini sehari antara 5-8 kali. Misal sarapan dengan konsumsi sayur, dan diselingi camilan buah-buahan. Ketika perut merasa lapar ada baiknya langsung mengkonsumsi buah-buahan.

3. Menghindari Makanan Berlemak

Salah satu pantangan untuk mereka penderita kanker adalah makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Terutama makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti yang terdapat pada mentega, susu full cream, daging merah, dan gorengan.

4. Menghindari Alkohol

Gaya hidup seseorang rupanya juga bisa menjadi pemicu kanker. Salah satunya adalah kebiasaan mengkonsumsi alkoho. Tak dipungkiri masih banyak orang yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Minuman ini jelas berbahaya bagi kesehatan dan menjadi pemicu banyak penyakit, termasuk kanker.

5. Mengurangi Asupan Gula

Sel kanker adalah penyuka gula. Oleh karena itu untuk membunuh sel kanker dalam tubuh bisa dengan cara membuat mereka kehilangan sumber makanannya. Salah satu sumber makanan yang mereka suka adalah gula. Mengurangi asupan gula artinya juga mengurangi atau menghambat pertumbuhan sel kanker. Gula diet seperti yang beredar di pasaran juga tak selamanya aman. Sebagai alternatif bisa menggunakan madu itu saja dalam jumlah yang sedikit.

6. Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga sangat bermanfaat  dikonsumsi oleh penderita kaker. Termasuk olahan kacang-kacangan seperti tempe atau tahu. Susu kedelai juga bisa disarankan untuk penderita kanker. Susu kedelai juga bisa menjadi pengganti susu sapi yang biasa dikonsumsi. Rendahnya kandungan lemak susu kedelai lebih aman dibanding susu sapi rendah lemak sekalipun.

7. Hindari Minuman Berkafein

Banyak orang sangat suka mengkonsumsi kopi, teh, atau cokelat. Biasanya konsumsi ini akan dilengkapi dengan gorengan atau camilan lainnya. Ada baiknya mereka yang terdiagnosa kanker menghidari minuman berkafein. Sebagai alternatif teh hijau murni lebih aman dikonsumsi oleh penderita kanker karena memiliki sifat antikanker.

Mengapa harus Diet?

Diet sangat dianjurkan untuk penderita kanker agar dapat mencapai asupan gizi secara optimal.  Selain itu diet juga bisa berfungsi untuk memberikan asupan makanan yang seimbang yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh pasien. Pasien kanker cenderung mengalami penurunan berat badan drastis, karena asupan nutrisi dalam tubuh dimakan oleh sel kanker. Diet juga berfungsi untuk mencegah atau menghambat penurunan berat badan secara drastis. Berat badan yang terjaga dan stabil akan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Salah satu tanda penyakit kanker adalah rasa mual dan muntah. Tanda ini tidak hanya berlangsung sekali waktu saja, tetapi bisa terjadi berulang kali. Diet  debga mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan diyakini dapat mengurangi muntah, rasa mual, dan diare.

Pasien yang terdiagnosa kanker mau tidak mau harus memperbaiki gaya hidupnya. Secara otomatis orang-orang yang ada di sekitarnya juga akan mengikuti gaya hidup yang sama.  Jika hal tersebut terjadi maka risiko kanker pada keluarga pasien akan menurun, dengan kondisi tubuh yang sehat.

Sama halnya dengan konsumsi obat, diet untuk penderita kanker juga harus memperhatikan kondisi pasien. Keadaan pasien satu dan yang lainnya tidaklah sama, termasuk makanan yang dapat diterima oleh tubuhnya. Diet harus disesuaikan dengan kondisi pasien. Apakah ada makanan atau sayuran yang membuatnya alergi. Kondisi lain apakan si pasien juga memiliki penyakit lain dan tidak dapat mengkonsumsi makanan tertentu.

Tips Hidup Sehat untuk Pasien Kanker

Selain memperhatikan menu makanan hal lain yang perlu diperhatikan adalah gaya hidup. Salah satunya adalah dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang cukup. Aktivitas sehari-hari sangat membantu tubuh memiliki asupan oksigen yang cukup.

Aktivitas sehari-hari misalnya adalah memilih menggunakan tangga biasa ketimbang lift atau eskalator, rutin berjalan kaki ke tempat-tempat yang bisa dijangkau, olahraga teratur baik setiap hari atau minimal tiga kali seminggu.

Porsi makan juga perlu diatur untuk pasien terdiagnosa kanker. Makan dalam porsi sedikit namun sering bisa dilakukan oleh penderita kanker. Selain itu juga menjadikan buah sebagai camilan rutin juga menjadikan tubuh lebih sehat.

Poin terpenting adalah menjaga pikiran agar tetap santai dan jauh dan stress. Tekanan pikiran bisa merangsang perkembangan sel kanker. Itu sebabnya pengidap kanker sebaiknya harus lebih santai dan menjauhi stress.

Baca artikel lain mengenai Akupuntur untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − one =