Cryosurgery adalah

Cryosurgery adalah Harapan Kesembuhan Pasien Kanker

Tidak bisa dipungkiri, kanker merupakan sebuah penyakit yang sangat ditakuti dan kemungkinan untuk sembuhnya cukup kecil jika kanker sudah memasuki tahapan yang parah serta sel-sel kanker sudah menyebar ke organ-organ lain dalam tubuh. Akan tetapi, sebenarnya masih ada harapan untuk kesembuhan pasien kanker. Harapan tersebut terletak pada salah satu cara pengobatan dengan cryosurgery. Cryosurgery adalah sebuah teknik pengobatan yang bisa mengatasi kanker secara efektif meskipun sudah memasuki tahapan stadium lanjut. Cryosurgery sendiri bisa dikatakan mash baru sebagai teknik pengobatan kanker di Indonesia.

Cryosurgery pada Pasien Kanker

Cryosurgery adalah salah satu cara pengobatan kanker yang memiliki proses kerja dengan menghancurkan jaringan atau sel kanker yang menjadi masalah dalam tubuh pasien. Cryosurgery memang tidak menjadi pilihan pertama untuk mengobati kanker, tetapi cryosurgery bisa menjadi salah satu jalan untuk pengobatan kanker ketika jalur pengobatan lain sudah tidak bisa berjalan dengan baik atau ketika kanker kembali setelah sebelumnya pernah melakukan perawatan.

Ada tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan cryosurgery. Tahapan pertama adalah persiapan. Persiapan yang dilakukan untuk menghadapi cryosurgery berbeda-beda tergantung jenis cryosurgery yang dipilih serta jenis penyakit kanker yang diderita oleh pasien. Umumnya, cryosurgery banyak dipilih untuk mengobati kanker kulit yang memang terlihat jelas dari luar. Untuk kasus kanker kulit, dokter yang melakukan cryosurgery akan mengaplikasikan nitrogen cair pada area kulit yang terserang kanker dan memerlukan pengobatan.

Sedangkan untuk jenis kanker yang berada di dalam tubuh pasien, nitrogen cair akan dimasukkan dengan menggunakan tabung fleksibel yang bisa masuk ke dalam tubuh pasien. Nitrogen cair yang dimasukkan ke dalam tubuh tersebut akan ditempatkan tepat pada sel kanker yang hidup dalam organ tertentu dalam tubuh. Sel-sel kanker yang sudah terkena terapi nitrogen cair ini akan melemah, membeku, dan mati perlahan-lahan.

Setelah terapi cryosurgery dilakukan, ada perawatan khusus yang harus dilakukan pada luka sayatan yang menjadi tempat untuk memasukkan nitrogen cair ke dalam tubuh dan area kulit yang dibekukan pada kasus kanker kulit. Dokter akan memberikan arahan dan cara perawatan pascaterapi dengan detail kepada pasien dan pihak keluarga. Perawatan setelah terapi ini bertujuan untuk menjaga area luka tempat sayatan atau area kulit yang dibekukan dari kontaminasi zat-zat atau bakteri di luar. Penggantian perban secara teratur juga penting untuk dilakukan guna mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Untuk masalah biaya sendiri, terapi cryosurgery ini memang tergolong pengobatana atau penanganan kanker yang tidak murah. Biaya yang harus dikeluarkan sekitar 100 juta rupiah. Akan tetapi, biaya ini termasuk wajar dengan hasil yang tentunya lebih jelas dan kemungkinan untuk bisa sembuh cukup tinggi. Biaya cryosurgery di Indonesia ini memang terbilang tinggi, tetapi cukup relevan untuk ukuran pengobatan penyakit kanker yang memang ganas dan berbahaya.

Cryosurgery di Jakarta

Meski terbilang masih baru, ternyata cryosurgery sudah tersedia di beberapa rumah sakit di Indonesia salah satunya di Jakarta. Cryosurgery di Jakarta bisa ditemukan di Rumah Sakit Gading Pluit. Rumah sakit yang terletak di kawasan Jakarta ini sudah menerapkan terapi cryosurgery selama dua tahun lebih. Rumah sakit ini sudah melakukan terapi cryosurgery pada 36 pasien kanker dengan jenis kanker yang berbeda. Kanker yang berhasil ditangani dengan menggunakan cryosurgery di rumah sakit ini di antaranya kanker sarkoma, kanker hati, kanker ovarium, dan kanker paru.

Pemilihan penggunaan terapi cryosurgery pada beberapa pasien di rumah sakit tersebut bukan tanpa alasan. Terdapat beberapa alasan sampai akhirnya pilihan jatuh pada terapi ini. Beberapa alasan tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Kanker pada pasien sudah tidak bisa diangkat melalui jalur operasi. Pada kondisi ini, sel-sel kanker sudah menempel pada struktur-struktur atau organ penting dalam tubuh seperti pembuluh darah besar dan saraf. Selain itu, bisa juga karena sel-sel kanker sudah menyebar ke area lain di dalam tubuh yang membuat proses bedah tidak bisa lagi dilakukan. Pada kondisi inilah, terapi cryosurgery sangat dibutuhkan dan sifatnya lebih efektif dalam memerangi sel-sel kanker yang tidak bisa dijangkau dengan proses bedah.
  2. Pasien yang tidak ingin atau takut dibedah. Tidak semua pasien kanker siap untuk menghadapi pembedahan meskipun tujuannya agar ia bisa sembuh dan terbebas dari kanker. Untuk pasien-pasien yang mengalami ketakutan akan proses operasi atau bedah, bisa memilih terai cryosurgery untuk mengobati kanker yang dideritanya. Adanya pilihan terapi cryosurgery ini seolah menjadi jawaban untuk para pasien yang memang takut untuk menghadapi proses bedah.

Tips Sebelum Memilih Terapi Cryosurgery

Semua pasien kanker tentunya sangat ingin bisa sembuh dan menjalani kehidupan normal seperti biasanya tanpa perlu merasa khawatir akan penyakitnya. Adanya terapi cryosurgery ini seperti membuka celah baru untuk para pasien bisa benar-benar sembuh dan terbebas dari kanker. Berikut beberapa tips bagi pasien yang ingin menjadikan terapi cryosurgery sebagai pilihan pengobatan kankernya.

  1. Melakukan Konsultasi dengan Dokter. Meskipun pasien sudah tidak sabar untuk menjalani terapi tersebut, pasien dan keluarga tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan menjelaskan secara rinci mengenai terapi cryosurgery dan memeriksa terlebih dahulu kondisi pasien dan kemungkinan terbaiknya jika mengambil jalur terapi tersebut.
  2. Menyiapkan Dana Sedini Mungkin. Seperti sudah dibahas sebelumnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa mendapatkan terapi cryosurgery ini cukup tinggi. Pastikan pasien dan pihak keluarga sudah siap dengan biaya yang harus dikeluarkan. Terus cari informasi mendalam tentang biaya total yang harus dikeluarkan jika ingin menjalani terapi cryosurgery ini.
  3. Bersabar dalam Setiap Prosesnya. Walau tidak seberat proses bedah atau jenis terapi lainnya, pasien tetap harus bersabar dalam setiap proses yang harus dijalani ketika menggunakan terapi cryosurgery. Pasien juga sebaiknya tidak mudah lelah untuk berjuang melawan kanker yang ada dalam tubuhnya.

Pikiran yang positif dan keinginan sembuh yang tinggi bisa menjadi faktor penambah kemungkinan sembuh yang tinggi. Walau terdengar dan terlihat simpel, terapi cryosurgery tentunya memiliki tahapan proses yang harus dijalani. Pasien dituntut untuk bersabar dan menjalani setiap prosesnya dengan tenang dan yakin bahwa proses tersebut bisa menjadi jalan untuknya sembuh.

Cryosugery adalah sebuah teknik untuk melawan penyakit seperti kanker yang sudah banyak dilirik dan disukai. Meski dengan biaya yang relatif tinggi, cryosurgery ini memberikan harapan baru untuk para pasien kanker bisa sembuh dari penyakitnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cryosurgery dan di mana pasien bisa melakukan terapi ini serta estimasi biaya yang harus dikeluarkan. Semoga pembahasan dalam artikel ini bermanfaat dan bisa menjadikan informasi alternatif pengobatan kanker yang tidak harus melalui jalur bedah atau operasi besar. Tetap konsultasi dengan dokter dan pantang menyerah dalam melawan penyakit!

Baca artikel lain mengenai Persiapan Sebelum Kemoterapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.