Ciri-ciri Kanker Serviks

Kenali Ciri-ciri Kanker Serviks yang Sering Diabaikan

ciri-ciri-kanker-serviksKanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan penyakit yang hanya menyerang kaum wanita dan sangat berbahaya. Jenis kanker ini menjadi penyebab kematian wanita tingkat teratas dibandingkan dengan jenis kanker lainnya. Kanker serviks menyerang bagian leher rahim organ reproduksi bagian bawah. Ciri-ciri kanker serviks yang timbul seringkali diabaikan dan baru menjalani pengobatan setelah penyakit kanker menjadi parah. Ciri penyakit kanker serviks pada gejala yang masih awal sering diabaikan.

Penyebab Terjadinya Kanker Serviks

Penyakit kanker serviks disebabkan dapat disebabkan oleh penularan dari Human papilloma virus tipe 16 dan 18. Penularan virus ini akibat dari penggunaan air di toilet umum yang telah tercemar virus dan akan berkembang apabila bagian organ intim tidak dibersihkan dengan baik.

Penyebab kanker serviks lainnya, yaitu sering berganti pasangan, tertular virus dari pasangan, faktor keturunan, penggunaan pil KB dan kurang menjaga kebersihan organ intim. Adakalanya wanita terlalu menganggap remeh ciri-ciri kanker serviks dan penyebabnya. Padahal sebagai seorang wanita harus benar-benar menjaga kesehatan organ intimnya dan mencurigai jika timbul sesuatu kurang wajar pada organ intim tersebut.

Ciri-ciri Kanker Serviks

Sebenarnya gejala awal dari penyakit kanker serviks diawali dari terjadinya infeksi. Pada proses yang lama sekitar 10-20 tahun kemudian barulah menjadi penyakit kanker. Tahap perkembangan penyakit kanker serviks ini sangat sulit untuk dideteksi sehingga banyak yang baru menyadari adanya penyakit ini setelah sel kanker berkembang. Untuk mencegah timbulnya kanker serviks dan mengetahui gejala kanker serviks sejak awal maka disarankan agar wanita melakukan tes pap smear paling tidak 2 tahun sekali.

Meskipun ciri-ciri kanker serviks sulit untuk dideteksi, namun ada gejala yang harus diwaspadai jika terkena penyakit kanker serviks. Saat buang air kecil terasa sakit, sakit di bagian pinggul dan mengalami keputihan yang tidak wajar merupakan ciri-ciri kanker serviks stadium awal. Pada kanker dengan stadium lanjut dapat terjadi keputihan dengan pendarahan, sakit saat berhubungan intim kadang disertai pendarahan, darah menstruasi keluar lebih banyak, sakit bagian paha, mengalami bengkak di paha, penurunan berat badan secara drastis, nafsu makan berkurang, terjadi pendarahan spontan dan susah buang air kecil.

Ada ciri-ciri yang sering diabaikan oleh seorang wanita padahal telah terkena penyakit kanker serviks. Meskipun ciri-ciri tersebut belum tentu menjadi gejala dari penyakit kanker serviks dan dibutuhkan pemeriksaan yang intensif. Jika punggung sering terasa nyeri, sering merasa pusing serta mengalami kelelahan dan terus berlanjut dalam jangka waktu lama harus diwaspadai merupakan ciri kanker serviks. Perut terasa sangat nyeri terutama di bagian bawah dan sering terjadi harus juga diwaspadai sebagai gejala kanker serviks.

Ciri-ciri kanker serviks yang lebih parah akan mempengaruhi pada bagian rahim dan saluran reproduksi. Jika sel kanker telah semakin menyebar hingga ke bagian saluran reproduksi maka akan menimbulkan gejala yang khas. Gejala tersebut ialah terjadinya pendarahan pada bagian vagina, tiba-tiba sering muncul darah seperti menstruasi, menstruasi yang tidak teratur dan terjadi pendarahan padahal telah menopause.

Pendarahan dari organ reproduksi tersebut dapat menjadi ciri dari penyakit kanker serviks yang telah berada pada stadium lanjut. Bahkan jika sel kanker telah menyebar lebih luas akan menyebabkan pendarahan saat buang air besar. Jika telah mengalami pendarahan yang tidak wajar ini harus segera memeriksakan ke dokter dan memperoleh penanganan untuk memperbesar kemungkinan penyembuhan.

Sebelum terjadi kanker serviks stadium lanjut sebaiknya memperhatikan jika terdapat gejala-gejala awal yang mencurigakan. Bagaimanapun bagian organ intim wanita adalah pintu masuk ke bagian rahim dan akan memepngaruhi kesehatan rahim. Apalagi rahim adalah tempat untuk perkembangan janin sehingga kesehatan rahim harus benar-benar dijaga.

Pencegahan Kanker Serviks

Untuk mencegah agar tidak menderita kanker serviks maka sebaiknya seorang wanita memperhatikan penyebab dan ciri-ciri kanker serviks sehingga tidak dapat cepat dilakukan pengobatan sejak dini. Pengobatan yang dijalankan sejak gejala awal kanker serviks diketahui dapat memperbesar kemungkinan penyembuhan.

Menjalani pola hidup sehat dan pola makan yang sehat dapat mencegah kanker serviks. Menjaga kesehatan dan tidak membersihkan organ intim dengan air yang kotor akan mencegah penularan virus penyebab kanker serviks. Setia terhadap pasangan, tidak berganti-ganti pasangan dan tidak melakukan hubungan intim di usia terlalu dini juga merupakan pencegahan kanker serviks.

Ciri-ciri kanker serviks pada stadium awal dan stadium lanjut yang telah dipaparkan di atas harus diwaspadai. Namun akan lebih baik jika mencegah agar organ intim tidak terkena penyakit kanker serviks. Jika dicurigai ada sesuatu yang tidak wajar pada organ intim maka segera periksa ke dokter sebelum parah. Sangat disarankan jika seorang wanita telah berumur 25 tahun ke atas atau telah menikah sebaiknya melakukan pemeriksaan pap smear secara berkala untuk menjaga kemungkinan pertumbuhan sel kanker.

Baca artikel lain mengenai Singkong Obat Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − one =