Cara Penularan Kanker Serviks

Cara Penularan Kanker Serviks Yang Harus Diketahui Agar Tetap Sehat

Kanker serviks atau kanker mulut rahim khusus terjadi pada wanita. Kanker ini terjadi apabila sel-sel yang berada di leher rahim berjalan tidak normal, seperti berkembang terus-menerus tanpa terkendali.

Sel-sel yang berkembang cepat ini bisa menyebabkan tumor pada bagian serviks. Apabila telah ganas maka bisa berubah menjadi kanker serviks.

Penyakit ini termasuk yang susah disembuhkan apalagi jika penderitanya terlambat menangani atau mengetahui kondisinya. Dari 40 sampai 45 pasien di Indonesia ada 20 sampai 25 orang yang tidak bisa diselamatkan.

Gejala awal dari kanker serviks tidak terlihat sehingga penderitanya tidak merasakan apa-apa. Nanti mereka akan mulai merasakannya ketika kanker sudah berkembang dan ada dalam level menuju parah.

Sebagai wanita Anda harus tahu betul bagaimana cara penularan kanker serviks. Supaya Anda tidak melakukan kesalahan dan pada akhirnya menderita karena penyakit ini. Cara penularan kanker serviks bisa dari penderita lain ataupun kebiasaan sendiri yang salah.

Sebelum membahas mengenai cara penularan akan dibahas dulu tentang gejala dan tanda-tanda terjadinya penyakit kanker ini.

Gejala dan Tanda-tanda Kanker Serviks

Anda harus merasa waspada apabila merasakan gejala dan tanda-tanda sebagai berikut.

  • Tidak teraturnya siklus menstruasi.
  • Terjadi pendarahan pada vagina yang tidak wajar. Misalnya pendarahan setelah melakukan hubungan seks, menstruasi yang panjang, ada pendarahan lain padahal sedang tidak haid.
  • Nyeri ketika berhubungan seks.
  • Nyeri pada bagian pinggang panggul dan kaki.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Berat badan menurun.
  • Badan mudah lelah dan lemas.
  • Salah satu bagian kaki ada yang membengkak.
  • Cairan vagina Anda keluar secara tidak normal seperti baunya menyengat bahkan disertai oleh darah.

Meski tidak semua tanda-tanda ini mengindikasikan Anda terkena penyakit kanker serviks tapi tidak ada salahnya untuk langsung memeriksakan kesehatan Anda. Apalagi jika setidaknya Anda merasakan adanya tiga sampai lima gejala yang dibahas di atas.

Namun supaya pencegahan yang dilakukan bisa maksimal, tidak perlu menunggu sampai terdapat tanda-tanda tersebut. Periksakan kesehatan Anda secara rutin apalagi jika sudah menikah. Untuk wanita yang usianya di atas 40 tahun juga harus memeriksakan dirinya ke dokter dan melakukan tes pap smear dengan rutin.

Penularan Kanker Serviks

Menurut dokter cara penularan kanker serviks yang paling besar adalah akibat hubungan seksual. Sebanyak 99,7% penyebabnya adalah hal tersebut.

Kanker serviks memiliki penyebab utama yang berbeda dengan jenis kanker lain. Apabila jenis kanker lain bisa terjadi karena gaya hidup yang buruk atau keturunan tapi kanker serviks terjadi karena virus HPV.

Berdasarkan penelitian dari jurnal NCBI, virus ini adalah penyebab paling besar dari terjadinya kanker serviks.

Virus HPV atau Human papillomavirus dapat terkena pada orang yang pernah melakukan hubungan seks. Oleh karena hanya itu yang bisa menjadi penyebabnya. Namun tentu saja jika hubungan seks tersebut tidak sehat alias sering dilakukan dengan pasangan yang bukan suami. Bahkan akan lebih parah jika berganti-ganti.

Bukan hanya Anda selaku pemilik rahim yang harus menjaga kesehatannya tapi pria atau pasangan Anda juga memiliki tanggung jawab atas kesehatan dari organ intim Anda. Baik pria maupun wanita sama-sama dapat menyebarkan virus ini.

Makannya apabila Anda memutuskan untuk menikah harus benar-benar mencari calon suami yang sehat. Dia harus punya gaya hidup yang sehat terutama dalam hal kesehatan seksual. Bukan hal yang tabu apabila Anda menanyakan hal ini sebelum menikah.

Selain melakukan hubungan seksual cara penularan kanker serviks lainnya bisa dari toilet umum, dan merokok. Kenapa bisa?

Toilet Umum

Baik toilet atau kamar mandi umum bisa menjadi salah satu sarana untuk menularkan virus HPV. Tentu saja karena banyak orang yang menggunakannya. Kita tidak akan tahu apabila ada orang yang memakai sebelum kita memiliki penyakit kanker serviks, penyakit kelamin, maupun penyakit menular lainnya.

Bukan tidak mungkin jika orang yang sudah terinfeksi virus HPV bisa menularkannya kepada orang lain lewat toilet umum. Risiko bisa lebih banyak terjadi apabila yang digunakan adalah closet duduk. Tentu bisa Anda bayangkan bahwa ada ratusan orang setiap harinya yang menggunakan toilet tersebut.

Meski sudah dibersihkan oleh petugas tapi bisa saja virus tersebut masih menempel dan belum bersih.

Merokok

Kenapa merokok bisa menularkan penyakit kanker serviks?

Meski ketika merokok yang langsung terkena adalah bagian mulut, tapi asapnya bisa menyebar ke mana-mana. Ketika ada asap yang dikeluarkan dari rokok maka seluruh organ tubuh bisa mencium asap tersebut.

Bahan-bahan kimia yang keluar lewat asap rokok bisa membahayakan tubuh terutama untuk rahim wanita. Jangan salah sangka, meski asap rokoknya sudah hilang, tapi dampaknya akan tetap terasa bagi tubuh dalam waktu yang sangat lama. Semakin sering terkena asap rokok maka risiko penyakit kanker dan lain-lainnya lebih besar.

Penularan lain yang bisa terjadi kepada Anda antara lain:

  • Meski kemungkinannya kecil, tapi jika ada ibu yang mengidap penyakit ini dan melakukan persalinan normal, bisa saja menularkan kepada anaknya.
  • Memakai benda yang sudah terkontaminasi bersama, misalnya handuk, gunting kuku, mainan seks, gelas, sendok, dan lain sebagainya.
  • Pertukaran cairan tubuh misalnya karena melakukan seks oral.
  • Kontak dengan kulit penderita secara langsung, terutama dengan hubungan seksual.

Selain dengan penularan ini, kanker serviks juga bisa terjadi karena berbagai hal. Seperti melakukan seks bebas, melakukan seks ketika umur masih muda, menggunakan pil KB, terlalu sering atau banyak melahirkan, usia tua, dan imunitas yang kurang.

Menggunakan Pil KB

Jika Anda sudah menggunakan pil KB dalam jangka waktu yang panjang maka bisa menjadi penyebab kanker serviks. Penggunaan yang terlalu lama bisa membuat memengaruhi kesehatan dari leher rahim Anda.

Ketika pengonsumsiannya dihentikan maka risikonya juga akan turun. Jika memang ingin menggunakan alat kontrasepsi, pilih KB jenis lain yang lebih aman.

Hubungan Seks Terlalu Dini

Salah satu alasan kenapa orang yang masih muda tidak diperbolehkan menikah karena hal ini. Wanita baru aman jika menikah ketika berusia 17 tahun. Oleh karena di saat ini organ reproduksinya sudah berkembang sempurna.

Jika sudah menikah pastinya mereka akan melakukan hubungan seksual ini. Wanita yang sudah melakukan hubungan seksual sebelum 17 tahun maka dua kali lebih besar risikonya.

Sistem Imun yang Rendah

Wanita yang sistem imunnya rendah bukan hanya rentan terserang penyakit kanker serviks tapi juga penyakit lainnya. Apabila virus HPV membuat leher rahim Anda terinfeksi maka membuat sistem imun jadi melemah.

Virus tidak butuh waktu lama untuk berkembang dan menginfeksi sehingga berubah jadi kanker serviks.

Supaya cara penularan kanker serviks ini tidak terjadi maka lebih baik lakukan vaksin HPV sedini mungkin. Akan lebih baik jika ketika wanita berusia 10 tahun atau belasan tahun. Namun ketika sudah dewasa juga bisa dilakukan jika memang sudah aktif secara seksual.

Demikianlah informasi mengenai cara penularan kanker serviks yang harus Anda ketahui. Agar bisa berjaga-jaga dan tidak bisa terkena penyakit ini. Kesehatan para wanita salah satu hal yang paling penting dijaga.

Baca artikel lain mengenai Penambah Trombosit Paling Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.