Cara Merawat Payudara Agar Terhindar dari Kanker

Cara Merawat Payudara Agar Terhindar dari Kanker yang Gampang Dilakukan

Fakta Tentang PayudaraSeorang wanita pasti ingin memiliki payudara yang sehat dan indah. Kanker payudara menjadi momok tersendiri bagi seorang wanita. Bahkan kanker payudara merupakan jenis kanker pembunuh nomer dua setelah kanker serviks. Semua wanita harus mengetahui cara merawat payudara agar terhindar dari kanker yang menakutkan dan dapat mengancam jiwa. Wanita yang memiliki risiko tinggi mengalami kanker payudara harus lebih waspada dan menjaga agar tidak terkena kanker payudara.

Jenis kanker payudara ada dua macam, yaitu kanker payudara invasif dan kanker payudara non invasif. Kanker payudara invasif atau kanker payudara sekunder merupakan jenis kanker yang dapat menyebar ke organ lain melalui kelenjar getah bening dan aliran darah. Pada jenis kanker ini umumnya terdapat benjolan yang dapat teraba secara manual.

Pada kanker payudara non invasif umumnya tidak dapat terdeteksi melalui perabaan karena tidak menimbulkan benjolan. Jenis kanker ini dapat terdeteksi melalui pemeriksaan mammografi. Kanker payudara non invasif ini merupakan kanker yang bersifat jinak dan belum terjadi penyebaran.

Penyebab Kanker Payudara yang Mengerikan

Pembentukan payudara berasal dari jaringan ikat, lemak, dan lobulus. Pada kondisi normal sel payudara akan berkembang dan tumbuh dengan teratur. Namun apabila terdapat sel abnormal yang berkembang dan tumbuh dengan tidak terkendali maka kondisi ini menyebabkan kanker payudara. Pada stadium yang masih awal umumnya kanker payudara dapat disembuhkan dengan total.

Penyebab kanker payudara yang pasti belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa risiko yang rentan terkena kanker payudara. Faktor-faktor risiko yang dapat memengaruhi timbulnya kanker payudara adalah sebagai berikut.

  1. Faktor genetik atau riwayat keluarga.
  2. Jenis kelamin wanita.
  3. Mengalami menstruasi sebelum berusia 12 tahun.
  4. Mengalami menopause setelah berusia 55 tahun.
  5. Usia 50 tahun keatas.
  6. Obesitas.
  7. Terapi hormon.
  8. Terpapar radiasi, misalnya dari CT Scan dan rontgen.
  9. Diagnosa adanya sel kanker sebelumnya.
  10. Pengaruh minuman alkohol.
  11. Merokok atau sering menghirup asap rokok.
  12. Tidak menyusui.

Cara Pencegahan Kanker Payudara

Secara umum cara mencegah kanker payudara adalah menghindari semua faktor risiko, menjaga pola makan sehat, menjaga pola hidup sehat, dan berolahraga secara teratur. Ada beberapa tips agar terhindar dari kanker payudara. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri yang dapat dilakukan di rumah. Raba semua bagian dari payudara secara memutar dan rasakan apakah terdapat benjolan yang tidak wajar. Perhatikan setiap perubahan yang mungkin terjadi pada payudara. Apabila mencurigai adanya benjolan segera periksa ke dokter agar segera memperoleh tindakan yang tepat.

Jangan takut untuk menyusui buah hati karena khawatir payudara menjadi kendur. Justru dengan menyusui buah hati hingga berusia dua tahun dapat mencegah risiko kanker payudara.

Lakukan pola makan dan pola hidup yang sehat. Makan makanan dengan gizi seimbang. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dan daging yang dibakar. Perbanyak makan makanan segar seperti sayuran mentah dan buah-buahan. Hindari juga makanan yang digoreng terutama jika digoreng dengan minyak berulang.

Hindari stres karena rasa stres dapat memicu timbulnya kanker payudara. Hal ini disebabkan karena selama kondisi stres terjadi peningkatan banyak hormon termasuk hormon estrogen. Jika pikiran sedang tegang usahakan untuk rileks.

Perawatan Payudara

Cara merawat payudara supaya terhindar dari kanker sebenarnya tidak terlalu sulit. Lakukan pola makan dengan gizi seimbang, pola hidup sehat, menghindari merokok, menghindari asap rokok dan memeriksa payudara. Memakai penyangga payudara atau bra yang sesuai dan nyaman dapat mencegah terjadinya kanker dan menjaga bentuk payudara menjadi tetap indah. Hindari memakai bra yang memiliki penyangga dari kawat karena akan menekan payudara sehingga sel sehat tidak dapat berkembang secara normal.

Memeriksakan payudara meskipun tidak menunjukkan gejala adanya benjolan atau gejala kanker payudara dapat mencegah timbulnya kanker payudara. Apabila terdapat pertumbuhan sel abnormal dapat diketahui sejak dini. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan USG, MRI atau sonogram. Pemeriksaan tersebut sangat penting terutama pada wanita yang berisiko tinggi terjadi kanker payudara.

Pengobatan Kanker Payudara

Kanker payudara dapat diobati dan sembuh dengan total. Apabila kanker payudara telah terdeteksi sejak stadium awal dan langsung diobati maka tingkat kesembuhannya sangat tinggi.

Pengobatan untuk kanker payudara yaitu operasi, kemoterapi dan radioterapi. Operasi dilakukan untuk mengangkat benjolan yang merupakan sel kanker beserta akar-akarnya. Biasanya setelah dilakukan operasi dan untuk membunuh sel-sel kanker sisa maka diberikan kemoterapi atau radioterapi atau kombinasi keduanya.

Pada beberapa kasus, kanker payudara dapat juga diobati dengan memberikan terapi hormon atau terapi biologis.

Semua wanita harus mengetahui cara merawat payudara agar terhindar dari kanker sehingga payudara sehat dan indah. Payudara yang sehat dan indah merupakan dambaan bagi semua wanita. Apabila mengalami gejala kanker payudara seperti terdapat benjolan maka segera periksa ke dokter untuk memperoleh tindakan yang tepat.

Baca artikel lain mengenai Dosis Transfer Factor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − sixteen =