Cara Mengatasi Stress

Bagimana Cara Mengatasi Stress Yang Mudah

Cara Mengatasi Stress

Stress, siapa sih yang tidak stress? Semua orang pasti pernah stress apalagi menghadapi situasi seperti sekarang ini. Kondisi ekonomi yang tidak menentu ditambah berbagai macam masalah yang kita hadapi. Sekarang tinggal bagaimana cara mengatasi stress itu.

Banyak yang mengatakan stress akan mengganggu kesehatan kita dan sudah banyak dokter yang mengatakan juga. Orang yang lebih tahan terhadap stress akan lebih tahan uji terhadap segala rintangan yang ada. Terutama saat melawan kanker, pasien kanker sangat rawan stress dan jika stress otomatis akan mengganggu proses penyembuhan yang sedang dijalankan.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya mengatasi stress dan siapa tahu anda semua yang mengalami hal sama dengan saya bisa terbantu dan mungkin anda sendiri bisa membantu orang lain nantinya. Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda mengahadapi stress yang akan saya bagikan semoga bisa membantu anda. Mari kita mulai.

Kenali Diri Anda Sendiri

Pertama anda harus bisa mengenali diri sendiri dulu, anda harus bisa mengetahui apa sih yang sebenarnya masuk kategori stress menurut diri anda sendiri. Tingkat stress seseorang tidak selalu sama, misalnya saya, saya seorang yang suka mengatur semua dalam bentuk rencana/planning dan jika rencana saya kacau balau saya jadi mulai bad mood kemudian ditambah ada masalah baru lagi langsung stress. Nah dari situ saya bisa mengenali bahwa dengan masalah yang muncul lebih dari 1 disaat bersamaan stress saya muncul.

Untuk setiap orang tidak sama jadi anda harus bisa mengenali anda sendiri bagaimana tingkat stress anda? Bisa jadi kasus yang terjadi pada saya itu orang lain tidak stress tapi menghadapinya dengan santai. Mereka lebih tahan uji dalam psikologis jadi lebih kuat istilahnya.

Orang kepikiran terus yang semakin berlarut-larut akan menjadi stress tetapi ada juga yang bisa bertahan lama dan tidak stress hingga semua masalah selesai jadi anda harus bisa mengenali kondisi apa yang dikategorikan oleh anda stress. Hanya anda yang bisa mengenali itu dan anda harus menemukan sendiri agar anda bisa mengatasi stress tersebut.

Temukan Faktor Penyebab Stress

Ada berbagai macam pemicu stress dan setiap orang tidak sama, sudah kita bahas pada bagian sebelumnya bahwa tingkat stress tiap orang berbeda. Pada bagian ini kita akan belajar bagaimana menemukan faktor pemicu stress anda. Anda harus mengetahui dulu apa penyebab stress anda agar anda dapat mengatasi stress anda.

Beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk menemukan penyebab stress anda adalah:

  • Setiap kali anda stress anda harus melihat ke dalam diri anda dan menanyakan kok saya jadi stress? Apa yang membuat saya stress?
  • Saat masalah datang bertubi-tubi anda pikir mana masalah yang menurut anda berat, nah biasanya masalah berat menjadi penyebab stress.
  • Jika anda tergolong orang yang pesimis tingkat stress lebih tinggi daripada orang yang optimis (menurut saya pribadi) jadi bagi anda yang masuk kategori pesimis, bisa jadi karakter itu yang membuat anda sering stress.
  • Menuliskan satu per satu masalah yang anda hadapi akan mempermudah anda menemukan faktor penyebab stress anda.

Beberapa langkah diatas diharapkan dapat membantu anda menemukan penyebab stress anda sehingga anda dapat mengatasi stress dengan cepat. Ingat stress yang panjang akan membuat kesehatan anda terganggu. Jadi pastikan anda mengatasi stress anda dengan cepat. Pada bagian berikutnya akan kita bahas bagaimana mengatasi stress dengan cepat.

Tips Menghilangkan Stress Dengan Cepat

Pengalaman pribadi saya mengatasi stress dengan cepat tidak mudah tergantung dari individu itu sendiri. Sebenarnya stress juga tergantung dari kita sendiri bagaimana menyikapi suatu kondisi sehingga kondisi itu membuat kita tidak stress. Tapi terkadang ada saja pemicu stress yang membuat kita stress berat, bagian ini akan membahas mengenai tips menghilangkan stress dengan cepat.

Ada berbagai cara yang mungkin masing-masing individu mempunyai cara mengatasi stress yang unik dan beda. Misalnya ada yang saat stress minum kopi saja agar stress hilang, ada yang merokok dulu agar stress hilang baru nanti lanjut bekerja. Ini adalah tips dari saya menghilangkan stress yang cepat

  • Tulis satu per satu masalah yang anda hadapi dan INGAT susun dari yang mudah hingga sulit. Kemudian selesaikan dari yang mudah dulu. Saat anda sudah menyelesaikan 1 masalah anda beri tanda centang. Jadi saat anda melihat sudah banyak yang dicentang secara psikologis anda pasti sudah lega karena sudah banyak masalah yang mampu anda selesaikan.
  • Delegasikan suatu pekerjaan kepada orang lain yang anda percaya. Setiap pekerjaan tidak mungkin anda sendiri yang kerjakan apalagi jika anda sangat sibuk. Jadi lebih baik anda delegasikan pekerjaan yang bisa anda serahkan ke orang lain jadi secara otomatis anda mengurangi beban pekerjaan anda sehingga anda tidak cepat stress.
  • Hadapi masalah dengan kepala dingin. Saat masalah muncul ingat jangan tergesa-gesa ambil tindakan dan marah-marah kepada orang lain. Yang perlu anda lakukan adalah DIAM SEJENAK dan BERPIKIR. Saat anda sudah selesai berpikir anda bisa mulai mengemukakan solusi yang anda tawarkan jadi anda tidak perlu stress dan marah-marah. Jika solusi masih tidak ditemukan saat anda berpikir, cara termudah adalah meminta bantuan orang lain dan minta pendapatnya.
  • Share dengan teman. Teman bisa menjadi obat stress anda, anda bisa curhat ke teman akrab anda dan menceritakan masalah yang sedang anda hadapi dan meminta pendapatnya. Secara psikologis saat anda bercerita ke orang kepercayaan anda, anda akan merasa lega dan perasaan lega itulah yang menghilangkan stress anda.
  • Lakukan hobi anda. Saat stress anda bisa langsung mengambil tindakan melakukan hobi yang anda gemari contohnya olah raga, nonton film, karaoke, jalan-jalan, dll
  • Berhubungan intim dapat mengurangi stress sangat efektif dan ini saya rasa sudah banyak orang mengetahuinya.
  • Rekreasi atau Traveling. Berlibur membuat anda dapat membuang semua efek negatif yang anda rasakan jadi saat anda berlibur pastikan otak anda berfokus pada liburan bukan pada pekerjaan jadi saat liburan selesai anda bisa fresh kembali dan siap bekerja lagi.
  • Buat anda serilex mungkin sehingga pikiran anda tenang dan anda dapat mengosongkan pikiran anda dari semua masalah yang ada. Misalnya dengan pijat, spa, meditasi, dll setelah selesai pikiran anda bisa fresh kembali dan terbebas dari stress.

Kesimpulan

Stress pasti dialami oleh semua orang, kita harus dapat mengenali diri kita sendiri dan bagaimana tingkat stress kita. Temukan faktor penyebab stress yang paling sering anda alami sehingga anda mengerti apa sebenarnya yang membuat anda sering stress. Dan terakhir adalah tips cara mengatasi stress, semua bagian tersebut sudah anda baca dan saya harap artikel ini akan membantu anda mengatasi stress. Jika ingin berdiskusi mari silahkan meninggalkan komentar di bawah posting ini saya dengan senang hati akan me-reply komentar anda.

Baca artikel lain mengenai Terapi Hormon Untuk Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.