Cara Mengatasi Panas Dalam

Cara Mengatasi Panas Dalam Dengan Cepat dan Mudah

cara mengatasi panas dalam

Kali ini kita akan membahas apa yang paling sering kita alami sehari-hari yaitu panas dalam. Setiap orang pasti pernah mengalami ini adalah sakit yang sederhana tetapi jika dibiarkan akan sangat mengganggu. Panas dalam sebenarnya sangat mudah untuk diobati ataupun dicegah dari awal. Jika sudah lama maka akan sulit karena sudah kemana-mana. Langsung saja kita bahas cara mengatasi panas dalam.

Kenapa Sering Panas Dalam

Kenapa anda sering panas dalam? Kebanyakan anda pasti terlalu sering makan makanan yang panas-panas. Dalam hal ini adalah makan gorengan terlalu banyak, bakar-bakaran, coklat, krupuk, lombok, dll. Ada orang yang tahan dengan panas dalam misalnya ketika anda makan krupuk 10 biji saja sudah tenggorakan kering, sedangkan orang lain masih kuat. Nah hal ini sebenarnya bukan anda yang fisiknya lemah tetapi malah sebaliknya ALARM dalam tubuh anda bekerja dengan baik. Tubuh anda mengatakan bahwa jangan banyak makan krupuk karena kondisi di dalam tubuh sudah panas.

Pada intinya kejadian sering panas dalam adalah karena anda tidak bisa menjaga makanan. Jadi anda perlu kontrol diri anda ketika makan makanan yang panas-panas seperti gorengan, dll yang sudah saya sebutkan tadi. Jika anda masih terus ngotot makan makanan itu maka resiko ke penyakit yang lebih lanjut akan beresiko lebih besar misalnya liver atau kanker.

Pola Makan Agar Tidak Mudah Panas Dalam

Untuk menghindari panas dalam yang berlebihan anda harus menjaga pola makan anda dengan benar. Pada bagian ini kita akan membahas lebih mendalam pola makan agar anda tidak mudah panas dalam.

  • Kurangi makan makanan gorengan, bakar-bakaran, lombok, krupuk dan es. Kalau yang lainnya sudah jelas tetapi kenapa es? Karena es memang dingin diluar tetapi saat masuk ke dalam tubuh anda es menjadi panas dan lagi tubuh kita lebih suka dengan makanan yang hangat daripada dingin.
  • Banyak makan makanan berkuah saja. Dengan anda makan makanan berkuah anda sudah terjauhkan dari sakit tenggorakan, susah BAB, dll. Anda secara otomatis sudah terjauhkan dari panas dalam.
  • Banyak makan buah dan sayur. Makan buah dan sayur yang berlebihan juga tidak baik, jadi bukan berarti agar tidak panas dalam anda harus makan buah dan sayur sebanyak mungkin. Tips dari saya seperti ini anda makan sehari 3x anda lihat menu-menu makanan anda ketika ada menu gorengan atau bakar atau lainnya maka anda harus mengimbangi dengan makan sayur dan buah jadi anda tidak sampai panas dalam.
  • Jangan makan berlebihan. Tips ini bagi anda yang suka makan krupuk atau kacang goreng. Biasanya saat anda mulai makan anda tidak bisa berhenti karena enak, benar bukan? Nah ini harus dihindari, anda harus bisa menstop diri.
  • Banyak minum air. Dengan banyak minum air maka anda bisa terjauh dari panas dalam.

Beberapa Tips Mengatasi Panas Dalam Dengan Mudah

Meskipun anda menjaga makanan terkadang anda masih terlena dan makan makanan yang panas sehingga anda menjadi panas dalam. Untuk mengatasi panas dalam ini ada beberapa tips dari kami yaitu:

  • Makan buah dan sayur
  • Minum madu
  • Banyak minum air putih yang tidak dingin.
  • Minum teh pahit.
  • Minum temulawak.
  • Jika semua tidak bisa barulah anda meminum obat panas dalam.

Dan masih banyak lagi cara-cara tradisional yang mungkin diluar itu. Banyak trik-trik tradisional yang cukup sederhana daripada anda harus minum obat untuk mengobati panas dalam. Pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati adalah benar. Karena mengobat lebih susah.

Jangan Meremehkan Panas Dalam Yang Berkelanjutan

Ketika anda sering panas dalam resiko dengan kesehatan anda menjadi tinggi misalnya anda akan terkena berbagai macam penyakit, misalnya:

  • Yang paling awal adalah sakit tenggorokan.
  • Susah buang air besar.
  • Demam.
  • Sariawan.
  • Ambien.
  • Jika diteruskan makan lombok berlebihan maka lama kelamaan liver anda yang kena (hepatitis).
  • Yang lebih mengerikan lagi adalah kanker.

Banyak resiko kesehatan yang bisa anda derita dari penyakit sederhana yaitu panas dalam. Memang resiko ini tidak langsung muncul tetapi ketika anda melakukan kebiasaan ini terus menerus selama puluhan tahun sama saja dengan anda menumpuk penyakit di tubuh anda.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa penyakit panas dalam tidak bisa kita remehkan, sebaiknya mencegah daripada mengobati. Kuncinya adalah anda harus menjaga apa yang anda makan sehingga bisa terjauh dari panas dalam. Jika anda ada tips atau pengalaman mengenai cara mengatasi panas dalam yang cepat dan mudah anda bisa menuliskan pada bagian komentar di bawah posting ini. Semoga posting ini bisa berguna bagi pembaaca semuanya, semoga anda sehat selalu.

Baca artikel lain mengenai Cara Mencegah Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.