Cara Mengatasi Marah

Tips Mudah Cara Mengatasi Marah

cara mengatasi marahMarah? Siapa sih yang tidak pernah mengalami rasa marah pasti semuanya sudah pernah. Kali ini saya ingin membahas mengenai cara mengatasi marah. Marah yang berlebihan akan membuat anda stress dan stress sangat menggantu kesehatan anda. Temukan cara mengatasi stress pada posting yang lainnya.

Kali ini kita akan lebih membahas ke rasa marah atau karakter orang yang pemarah, karena marah bisa menjadi salah satu pemicu stress. Pada posting ini akan dibahas mengenai kenapa harus marah? Apakah marah anda beralasan dan temukan tips untuk mengatasi rasa marah tersebut.

Kenapa Harus Marah? Marah Harus Beralasan

Jika anda termasuk karakter orang pemarah maka artikel ini semoga dapat membantu anda agar marah anda tetap terkendali. Kenapa anda harus marah? Dalam situasi tertentu emosi mengalahkan pikiran sehat jadi anda langsung saja marah tidak peduli siapapun itu langsung saja anda marahi betul tidak? Marah pasti pernah terjadi pada diri kita tetapi kalo marahnya terlalu sering siapa yang mau jadi korban yang dimarahi anda terus. Untuk itu anda harus mengatasi rasa marah itu agar orang disekitar anda tidak merasa risih.

Temukan alasan kenapa harus marah. Jika pada suatu pekerjaan anda harus marah untuk menegaskan suatu tindakan lakukan saja karena itu memang harus. Marah anda tetap terkendali ketika anda menemukan alasan yang tepat untuk marah. Tetapi ketika marah itu hanya menuruti emosi saja maka marah anda tidak akan terkendali dan marah anda bisa jadi menyakiti perasaan orang lain.

Jangan Terbawa Dengan Perasaan Marah

Ada karakter orang yang pemarah tetapi marahnya tidak langsung keluar tetapi lebih ke arah dendam jadi tiba-tiba saja anda tidak disapa. Anda tentu saja bingung bukan? Kenapa orang ini tidak menyapa anda padahal kemaren baik-baik saja. Padahal sebenarnya anda membuat suatu kesalahan menurut dia dan dia dendam pada anda. Nah marah tipe jenis ini tidak bagus juga. Emosi marah anda terbawa terus menerus yang mengakibatkan dendam pada seseorang.

Marah boleh tetapi pastikan alasan tepat seperti yang dibahas sebelumnya, dan pastikan setelah anda marah jangan terbawa terus karena jika anda terus membawa marah itu mood anda jadi jelek orang lain kena imbasnya. Jadi lebih baik anda setelah marah setelah selesai ya sudah jadi marah anda tidak terus berlarut-larut karena akan mengganggu aktivitas anda.

Setelah kita mengetahui berbagai jenis marah yang pernah dialami sekarang mari kita bahas bagaimana kita seharusnya mengatasi marah.

Beberapa Tips Mengatasi Marah

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda sebagai cara mengatasi marah yang sering anda alami:

  • Cari sumber marah anda. Kenapa anda marah? temukan sumber dan pelajari kenapa hal itu membuat anda marah.
  • Berpikir sebelum bertindak. Itu pedoman yang harus anda pegang saat emosi anda sudah mulai naik karena dengan berpikir dulu anda bisa mengendalikan emosi anda, sehingga anda bisa tetap mengendalikan diri.
  • Hilangkan dengan melakukan hobi. Hobi bisa menjadi solusi saat mood anda jelek terutama setelah marah anda pasti merasa bad mood. Cara mudah agar bad mood anda hilang anda bisa melakukan hobi anda.
  • Share/Curhat dengan teman. Teman bisa menjadi solusi anda, anda bisa berbagai cerita kepada teman anda kenapa anda marah-marah pada si A misalnya. Ketika anda cerita teman anda memberikan respon maka anda bisa menghilangkan rasa marah itu.
  • Fokus pada solusi bukan masalah. Setelah selesai marah fokuskan pada solusi bukan masalah yang terjadi karena jika tidak anda akan terus terbawa marah anda dan masalah tidak terselesaikan.
  • Lupakan masalah yang sudah terjadi. Saat anda marah dan selesai maka lupakan agar marah anda tidak berlarut-larut. Karena jika berlarut-larut anda bisa stress dan tentunya akan mengganggu kesehatan anda ataupun orang disekitar anda.
  • Tarik nafas panjang dan tenangkan diri anda. Saat emosi anda naik dan ingin marah, lakukan tarik nafas yang panjang dan hembuskan, cobalah menenangkan diri anda sehingga anda tidak perlu marah.
  • Komunikasi yang baik. Jika anda bisa membangun komunikasi yang baik tentunya anda tidak akan memancing emosi jadi anda tidak perlu marah-marah bukan.

Kesimpulan

Emosi tingkat tinggi yang biasanya ditandai dengan marah-marah bisa anda hindari sehingga anda tidak perlu buang-buang tenaga untuk marah pada orang lain. Marah bisa membuat anda stress jadi lebih baik setelah marah anda jangan terlalu terus dipikiri agar anda tidak stress. Semoga tips diatas bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi marah anda. Jika anda ingin share atau diskusi langsung saja menuliskan pada komentar di bawah ini.

Baca artikel lain mengenai Terapi Hormon Untuk Kanker Payudara

One thought on “Cara Mengatasi Marah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + nine =