Cara Memulai Vegetarian

Cara Memulai Vegetarian dengan Lakukan Langkah Ini agar Bisa Menjauh dari Kanker

Memulai gaya hidup sebagai seorang vegetarian bisa menjadi salah satu langkah untuk mencegah kita terserang kanker. Menjadi vegetarian memang tidak mudah, terlebih bagi kita yang terbiasa dengan berbagai jenis makanan di lur sayur dan buah. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencobanya mulai dari sekarang. Sedikit dan perlahan sampai akhirnya terbiasa dengan gaya hidup seorang vegetarian. Yuk, intip apa saja cara untuk memulai hidup mencegah kanker dengan gaya vegetarian berikut.

Jenis Sayur dan Buah untuk Mencegah Kanker

Sayur dan buah adalah jenis makanan yang kaya serat dan vitamin. Di balik tampilannya yang segar dan kaya rasa alami, sayur dan buah ternyata bisa membantu kita terhindar dari serangan kanker. Salah satu yang haus kita ketahui saat memulai gaya hidup vegetarian dengan tujuan mencegah kanker adalah jenis-jenis sayur dan buah yang bisa membantu untuk mencegah munculny kanker.

1. Jenis Buah untuk Mencegah Kanker

Terdapat beberapa jenis buah yang bisa membantu untuk menjauhkan kita dari penyakit kanker. Buah-buah tersebut sebenarnya sangat mudah kita temukan baik di pasar tradisional maupun modern. Dengan mengonsumsi buah-buahan tersebut secara teratur, maka kita akan bisa terhindar dari munculnya sel kanker. Jenis buah-buahan pencegah kanker tersebut adalah sebagai berikut.

  • Nanas

Nanas adalah salah satu jenis buah tropis yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Nanas bisa dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk manisan dan selai. Di balik rasanya yang segar, ternyata buah nanas menjadi salah satu jenis buah yang bisa mencegah kita terserang kanker. Kandungan bromelain dalam nanas bisa menjadi antikanker. Bromelain umumnya dikenal sebagai kandungan dalam nanas yang bisa mengatasi batuk.

Selain bromelain, nanas juga memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat untuk mengaktifkan sistem imunitas alami di dalam tubuh seseorang yang bisa menghadapi racun atau toksin yang masuk. Kandungan lainnya juga bermanfaat untuk membangun perlindungan alami dari kerusakan DNA yang merupakan awal dari pembentukan sel kanker.

  • Buah Naga

Siapa yang tidak mengenal buah naga? Buah yang memiliki bentuk unik dengan kulit menyerupai sisik naga ini adalah salah satu buah favorit yang memiliki rasa segar dan kaya kandungan air. Buah naga memiliki tiga jenis warna daging yaitu putih, pink jingga, dan merah marun. Nah, buah naga yang berwarna merah marun inilah yang ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah kanker dalam tubuh. Buah naga ini selain kaya akan kandungan vitamin A, C, dan E juga dilengkapi dengan kandungan antosianin yang tinggi. Antosianin ini bermanfaat untuk detoksifikasi alami dan melawan pertumbuha dari sel abnormal. Selain dagingnya, biji-biji kecil pada buah naga juga kaya akan manfaat. Salah satunya adalah membantu kerja hati untuk menetralisir racun dan membantu dalam mengatasi kerusakan sel dalam tubuh serta mencegah pembentukan dari sel-sel abnormal seperti sel kanker.

  • Anggur

Tidak diragukan lagi, salah satu jenis buah yang bisa membantu mencegah pertumbuhan sel kanker adalah buah anggur. Anggur kaya akan kandungan polifenol yang mampu mengatasi penyimpangan pertumbuhan sel dan mengatasi kanker. Anggur juga mengandung lebih dari 30 jenis flavonoid yang bisa membantu melawan kerusakan pada DNA, membantu dalam membersihkan darah, dan oksidasi sel.

2. Jenis Sayur untuk Mencegah Kanker

Tidak hanya buah, terdapat banyak juga sayuran yang kaya kandungan pencegah kanker. Apa saja? Simak uraian berikut.

  • Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang umum dikenal sebagai sayuran yang bisa mencegah terjadinya kanker payudara. Tidak hanya kanker payudara, brokoli juga kaya akan kandungan yang bisa mencegah pertumbuhan tumor agar tidak menjadi kanker. Mengonsumsi brokoli dengan teratur bisa mencegah kita dari penyakit kanker khususnya kanker payudara.

  • Wortel

Wortel adalah salah satu jenis sayuran berwarna oranye yang kaya akan kandungan karotenoid. Karotenoid adalah salah satu dari kumpulan pigmen warna merah tua atau merah kuning dari lemak hewani dan lemak nabati. Sayuran seperti wortel yang memiliki warna oranye bisa membantu mencegah kanker khususnya kanker payudara.

  • Kubis

Satu lagi jenis sayuran yang bisa mencegah kanker adalah kubis. Kandungan dalam kubis bisa membantu seseorang terlindung dari kanker payudara, kanker mulut, kanker esophagus, dan kanker lambung. Beberapa kandungan pencegah kanker dalam kubis tersebut di antaranya betakaroten, kumarin, sulfosaran, glukosinoat, fenol, indol, dan isotiosianat.

Menu Makanan Vegetarian Pencegah Kanker

Setelah mengenal beberapa jenis sayur dan buah yang bisa mencegah kanker, sebaiknya kita juga mengetahui menu vegetarian sehari-hari apa yang bisa membantu mencegah kanker. Simak uraian berikut.

1. Salad Buah

Untuk mengganti camilan yang biasanya kita konsumsi saat siang atau sore hari, ada baiknya kita menggantinya dengan buah-buahan yang dibuat menjadi salad. Menu salad buah ini merupakan salah satu menu vegetarian yang menyehatkan dan tetap membuat perut terisi. Pilihlah jenis buah-buahan yang mengandung banyak kandungan pencegah kanker. Selain segar dan memenuhi kebutuhan camilan, mengonsumsi salad buah juga jauh lebih menyehatkan dibandingkan dengan camilan yang penuh lemak.

2. Aneka Menu Sayuran Setiap Hari

Jadikan sayuran sebagai makanan utama setiap harinya. Olah berbagai jenis sayuran berbeda setiap harinya, khususnya sayuran yang baik untuk mencegah kanker. Lebih baik lagi jika mengonsumsi sayuran dalam keadaan segar (untuk sayuran yang bisa dimakan mentah) atau diproses dengan cara dikukus.

Pola Hidup Vegetarian

Selain membiasakan diri dengan menu vegetarian yang sehat, kita juga harus terbiasa dengan pola hidup dari vegetarian. Bagi kita yang baru saja memulai hidup sebagai vegetarian, berikut beberapa pola hidup vegetarian yang harus kita perhatikan.

  • Dalam satu hari, minimal mengonsumsi 3 porsi sayuran dan 2 porsi buah. Ini adalah menu umum yang biasanya dikonsumsi oleh vegetarian dan menjadi bentuk pola hidup yang ruti dilakukan.
  • Seorang vegetarian akan mengurangi konsumsi garam dan gula. Menjadi vegetarian bukan berarti harus sepenuhnya tidak mengonsumsi gula dan garam, tetapi membatasinya sehingga tidak berlebihan. Jadi, asupan garam dan gula yang masuk dalam tubuh adalah yang memang diperlukan saja, sehingga tidak ada tumpukan gula dan garam yang berlebih dalam tubuh.
  • Mengonsumsi minimal lima jenis buah dengan warna yang berbeda. Kandungan warna dalam buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Seorang vegetarian umumnya akan mengonsumsi minimal lima jenis buah dengan warna berbeda.
  • Selalu sarapan pagi. Menjadi seorang vegetarian bukan berarti membuat pola makan menjadi berubah drastic. Seorang vegetarian memiliki kebiasaan untuk tidak melewatkan sarapan pagi. Sarapan pagi sangat bermanfaat untuk menjaga kandungan protein dalam tubuh.
  • Minum dua liter air putih setiap hari. Seorang vegetarian umumnya akan lebih banyak minum, minimal 2 liter dalam satu hari. Asupan air yang banyak akan membantu dalam proses pencernaan makanan.

Itulah beberapa cara untuk memulai hidup sebagai seorang vegetarian. Mulai hidup sehat dari sekarang dan jauhkan diri dari bahaya kanker.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Petai untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + seven =