Cara Kemoterapi

Mengenal Kemoterapi dan Cara Kemoterapi Bekerja Terhadap Kanker

Sel kanker yang ada pada tubuh penderita sangat mudah sekali menyebar. Apabila tidak segera ditangani maka bisa mengancam nyawa penderitanya. Maka dari itu kanker harus diobati sejak masih jinak.

Kanker adalah penyakit yang paling mematikan dan ditakuti oleh seluruh orang di dunia. Oleh karena telah banyak memakan korban sejak puluhan tahun yang lalu.

Perkembangan kanker dari tahun ke tahun semakin banyak sehingga orang yang meninggal juga semakin banyak. Pada tahun 2013 saja ada 350.000 orang lebih di Indonesia yang mengalami kanker.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kanker seperti radiasi kemoterapi dan operasi. Setiap pengobatan ini memiliki perannya sendiri dalam melawan kanker. Pengobatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan jenis kanker yang dialami.

Cara yang paling ampuh dan banyak dilakukan untuk mengobati pasien penderita kanker adalah kemoterapi. Kemoterapi adalah terapi utama bagi penyakit kanker yang bertujuan untuk membunuh sel kanker.

Ada banyak sekali hal yang harus diketahui mengenai kemoterapi. Baca informasinya di sini agar Anda tahu kegunaan dan cara kerja dari kemoterapi.

Apa Itu Kemoterapi?

Pastinya Anda sudah sering mendengar mengenai kemoterapi bukan? Hampir semua orang tahu apa tujuan dari kemoterapi tapi tidak semuanya tahu dengan detail. Supaya bisa lebih mengenalnya dan mungkin bisa membantu teman atau keluarga yang terkena kanker maka Anda harus tahu lebih banyak mengenai kemoterapi.

Kemoterapi merupakan sebuah prosedur perawatan paling ampuh untuk mengobati penderita kanker. Meski ada juga yang tidak bisa diselamatkan meski sudah melakukannya.

Kemoterapi dilakukan dengan memberikan obat-obatan khusus kepada pasien supaya sel kanker yang ada di dalam tubuh dapat dihancurkan dan hilang. Terapi ini memang bukan hal yang mudah sehingga pasien harus benar-benar mempertimbangkan apakah memang mau melakukannya atau tidak.

Kenapa? Oleh karena banyak sekali efek samping yang mungkin bisa terjadi. Kemoterapi bisa menyembuhkan tapi juga bisa mematikan.

Di dalam dunia medis kemoterapi dianggap yang paling hebat dalam menghentikan perkembangan dan pertumbuhan sel kanker. Ada beberapa jenis kemoterapi berdasarkan dengan waktu pemberiannya. Kemudian tujuannya pun berbeda-beda.

Berikut ini beberapa jenis kemoterapi yang ada.

  • Kemoterapi Paliatif

Jenis kemoterapi ini adalah untuk pasien yang mempunyai kanker stadium lanjut. Memiliki tujuan untuk meringankan gejala yang mungkin timbul karena sel kanker. Kemudian meningkatkan kualitas hidup pasien dan menghambat perkembangan sel kanker.

  • Kemoterapi Neodjuvan

Kemoterapi ini akan diberikan kepada pasien sebelum melakukan pengobatan yang lain. Tujuannya supaya sel kanker bisa dikurangi bahkan ukuran tumor juga bisa dikurangi. Apabila sudah melakukan kemoterapi ini maka ketika tubuh dioperasi akan mudah diangkat.

  • Kemoterapi Adjuvan

Ini juga kemoterapi yang dilakukan sebelum melakukan pengobatan yang lain baik radiasi atau operasi. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa-sisa sel kanker yang masih ada di dalam tubuh.

  • Kemoterapi Kuratif

Tujuannya adalah untuk menghancurkan dan membasmi seluruh sel kanker yang terdapat di dalam tubuh. Kadang menjadi satu-satunya jenis pengobatan kanker yang dapat dilakukan makanya dilakukan di awal pengobatan.

Cara Kerja Kemoterapi

Jika dengan pengobatan lain seperti operasi dan radiasi maka dokter hanya akan melakukan tindakan pada area yang spesifik. Misalnya jika mengalami kanker payudara maka dokter hanya akan melakukan radiasi dan operasi pada bagian payudara.

Sedangkan dengan kemoterapi maka seluruh tubuh akan merasakannya. Jadi kemoterapi adalah pengobatan menyeluruh supaya tidak ada satu pun bagian tubuh lain yang ikut terkena sel kanker yang sudah ada.

Namun karena bekerja di seluruh tubuh maka bisa menyebabkan banyak efek samping. Seperti pada bagian rambut, kulit maupun tulang.

Kemoterapi akan bekerja sesuai dengan jenis kanker yang akan diobati. Beberapa tujuannya, antara lain:

  • Mengobati

Pada beberapa kasus kemoterapi memang berhasil menyembuhkan penyakit kanker dari penderita. Bahkan dokter tidak akan lagi menemukan sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Jika seperti ini maka sel-sel kanker mungkin tidak akan kembali lagi. Sayangnya keberhasilan ini tidak sering atau tidak selalu terjadi.

  • Mengontrol

Apabila tujuan kemoterapi hanya untuk mengontrol maka tujuannya adalah hanya untuk membuat kanker tidak menyebar ke area lain di tubuh Anda. Selain itu bisa memperlambat pertumbuhan kanker atau tumor dalam tubuh.

  • Meringankan Gejala

Pada beberapa kasus kemoterapi bahkan tidak bisa mengontrol atau mengobati kanker yang sudah ada di dalam tubuh. Atau artinya hanya digunakan untuk menghilangkan tumor yang menyebabkan sakit di dalam tubuh. Hanya saja tumor tersebut bisa kembali lagi dan menjadi semakin ganas.

Kadang kemoterapi hanya akan dilakukan sendiri tanpa tindakan lainnya. Namun ada juga yang dikombinasikan dengan pengobatan berupa radiasi, operasi, dan terapi biologi.

Jika dikombinasikan dengan operasi maka dokter akan mencoba untuk mengambil tumor atau kanker yang ada di tubuh. Caranya dengan menghilangkan organ yang telah terkontaminasi oleh sel kanker.

Misalnya jika terjadi pada payudara maka kemungkinan payudara harus dihilangkan. Kedengarannya seram tapi memang itu yang harus dilakukan supaya pasien bisa sembuh atau terhindar dari kanker yang mungkin akan kembali lagi.

Apabila dengan melakukan radiasi maka dokter akan memberikan partikel radioaktif yang tak terlihat untuk membunuh sel kanker. Untuk melakukannya dibutuhkan mesin khusus yang akan membuat sinar radiasi terkena tubuh Anda dari luar. Bahkan ada juga yang memberikan radiasi di dalam tubuh pasien.

Sedangkan untuk terapi biologi adalah dengan memberikan vaksin atau bakteria baik maupun antibodi supaya sel kanker bisa dibunuh.

Apabila kemoterapi dilakukan setelah operasi maka berguna untuk menghancurkan semua sel kanker yang masih ada di dalam tubuh.

Selain dilakukan setelah melakukan operasi atau radiasi, kemoterapi bisa dilakukan sebelum terapi radiasi atau operasi supaya ukuran dari tumor jadi lebih kecil.

Cara pengobatan kemoterapi juga dilakukan berdasarkan dengan jenis kankernya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Oral, yaitu kemoterapi yang dilakukan dengan menggunakan kapsul pil atau cairan yang diminum oleh pasien.
  • Topikal, yaitu dengan mengoleskan krim pada kulit.
  • Intraperitoneal, yaitu kemoterapi yang diberikan sambil melakukan operasi. Bisa juga dengan memberikan selang khusus ke rongga perut yang didalamnya ada lambung, hati, dan usus.
  • Suntik, yaitu memberikan suntikan di lapisan lemak atau otot seperti pada bagian perut, paha, atau lengan.
  • Intravena, yaitu kemoterapi yang langsung dimasukkan ke dalam pembuluh darah vena.
  • Intraarteri, yaitu kemoterapi yang diberikan secara langsung ke dalam arteri. Arteri yang dipilih adalah yang menyalurkan darah ke sel kanker.

Hal yang Dilakukan Selama Kemoterapi

Apabila kemoterapi sedang dilakukan maka ada beberapa saran yang diberikan oleh perawat atau dokter kepada Anda. Beberapa saran yang sering diberikan kepada pasien, antara lain:

  • Harus makan makanan yang sehat dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kalori dan protein. Tujuannya supaya sel-sel sehat yang ikut terbunuh bisa dibangun kembali.
  • Banyak istirahat karena selama menjalani kemoterapi seseorang bisa jadi lebih lelah dari biasanya.
  • Olahraga yang rileks dan ringan supaya gejala kelelahan dan stres bisa dikurangi.
  • Mengonsumsi suplemen atau vitamin. Namun sebelumnya harus mengkonsultasikan yang lebih dulu kepada perawat dan dokter. Tanya dulu apakah perlu atau boleh mengonsumsinya.
  • Harus banyak belajar mengenai kanker dan pengobatannya supaya dapat lebih baik dalam mengatasi masalah-masalah yang muncul.

Demikianlah pembahasan mengenai kemoterapi dan cara kerjanya terhadap sel kanker. Semoga bermanfaat!

Baca artikel lain mengenai Ciri-Ciri Kanker Serviks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.