Buah Ciplukan Obat Kanker

Buah Ciplukan Obat Kanker Yang Mujarab. Bisa Dicoba!

Buah ciplukan obat kanker yang banyak diramu sebagai herbal di berbagai daerah nusantara. Buah mungil dengan warna merah kekuningan ini begitu besar manfaatnya. Sangat terjangkau dan khasiatnya efektif, ciplukan adalah herbal alternatif bagi penyakit mematikan seperti kanker.

Ciplukan yang memiliki nama latin Physallisa angulata banyak tumbuh di sekitar persawahan atau kebun palawija. Tanaman ciplukan tumbuh diantara perdu sehingga kerap dianggap benalu. Kisaran tinggi pohon ciplukan bisa mencapai satu meter. Sementara itu letak buah ciplukan tak kalah unik. Buah terbungkus kelopak yang menggelembung dengan ujung meruncing.

Ketika dikupas dari dalam bungkus kulit itu akan ditemui buah berbentuk bulat memanjang yang ukurannya berkisar 1,5 – 2 cm. Pada sekali gigit air buah ciplukan terasa masam segar. Nah, jangan sampai Anda justru memetik yang belum matang. Buah ciplukan yang sudah matang memiliki rasa manis seperti tomat, sedangkan yang masih mentah bertekstur lebih keras dan rasanya cukup getir.

Selain bertumbuh secara liar saat ini budidaya ciplukan sudah meluas, bahkan termasuk laris di pasar swalayan. Wajar bila masyarakat di berbagai daerah mulai menggali manfaat buah ciplukan dalam pengobatan medis terutama bagi pasien kanker stadium lanjut. Nama lokalnya mulai dari cecendet (Sunda), koplok-koplokan (Bali), nyornyoran (Madura), dan Leletokan (Minahasa).

Manfaat Buah Ciplukan dan Cara Mengolahnya Untuk Obat Kanker

Dilihat dari bentuk tanamannya saja ciplukan sudah memiliki daya tarik tersendiri. Sejumlah penelitian menjadi bukti jika buah ciplukan obat kanker yang punya sifat sitotoksik.

Dengan sifat sitotoksik didapati bahwa baik daun maupun buah ciplukan dapat mengontrol sel-sel kanker agar tak berkembang cepat. Hal ini karena daya antioksidan buahnya telah disempurnakan oleh flavonoid, saponin, fisalin, karotenid, polifenol, tanin, gula, dan vitamin C. Keragaman senyawa ciplukan dapat menekan laju pertumbuhan sel kanker payudara, leukimia, dan kanker paru-paru.

Steroid alami yang ditemukan pada buah ciplukan dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa studi kanker menunjukkan jika ramuan yang tepat mampu membunuh berbagai jenis sel ganas pada stadium awalnya.

Adanya zat karotenid menetralisir senyawa perusak yang mengubah sel sehat menjadi kanker. Penelitian juga membuktikan bahwa polifenol dalam tanaman herbal mampu mencegah penyebaran berbagai jenis kanker. Di sisi lain khasiat buah ciplukan bukan hanya herbal anti-kanker, sebab buah ini juga meringankan masalah diabetes, batuk dan asma, radang saluran napas atau bronchitis, dan penyakit kulit.

Lebih lanjut mengenai manfaat ciplukan dan cara mengolahnya dapat diikuti pada tips-tips berikut ini .

1. Ramuan Alami Dari Buah Ciplukan

tidaklah sulit mendapati manfaat buah ciplukan dan cara mengolahnya. Cara paling sederhana adalah mengkonsumsi air rebusan buah ciplukan. Pertama yaitu ambil buahnya sebanyak 5 gram, rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Kurang lebih sekitar 10-15 menit sambil terus diaduk. Saring dan dinginkan sejak. Minum sebanyak 2 kali sehari.

Sebaiknya tak menambah gula supaya manfaatnya masih terjamin asli. Selain itu air rebusan herbal jangan disimpan lebih dari 24 jam karena sudah mulai rusak dan tidak sehat.

2. Herbal Hangat Ciplukan

Siapkan 3 gelas air, buah ciplukan, jahe, dan lidah buaya. Masukkan air ke dalam panci lalu panaskan di atas api sedang. Sambil menunggu air mendidih, potong beberapa buah ciplukan menjadi dua bagian. Pilih ciplukan matang yang warna kulit buahnya lebih kekuningan.

Selanjutnya ulek buah ciplukan sampai agak halus lalu masukkan ke dalam air rebusan. Geprek jahe kemudian masukkan ke dalam ciplukan yang masih direbus. Masukkan dan aduk hingga rata.

Setelah mendidih tuang ke dalam gelas. Tambahkan satu sendok teh madu murni atau bisa juga perasan jeruk segar. Minum ramuan yang hangat ini dua kali sehari secara teratur.

3. Jus Buah dan Daun Ciplukan

Bahan yang diperlukan adalah 4 lembar daun ciplukan, buah ciplukan, batang seledri, dan air. Caranya cuci bersih semua bahan lalu masukkan daun ciplukan yang sudah dirobek menjadi bagian kecil. Masukkan seledri untuk menambah aroma khasnya, dan tunggu hingga mendidih.

Jangan lupa sekitar 7 butir buah ciplukan perlu dimasukkan dalam blender sampai menjadi halus. Jus buah ciplukan sudah siap di gelas Anda, hanya tinggal menambahkan ramuan daun ciplukan yang direbus tadi.

Ramuan berbahan daun dan buah ciplukan ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Jangan lupa meminumnya pagi dan malam secara teratur. Tetapi disarankan cukup tiga hari sekali saja agar konsumsinya tidak berlebihan.

4. Menguatkan Khasiat Buah Ciplukan

Buah ciplukan dapat dipadukan bersama tanaman rempah dan dedaunan obat lain yang sama khasiatnya. Siapkan bahan-bahan ini.

  • 2-3 g biji jintan hitam
  • 10 g rimpang temuputih
  • 10 g rimpang temulawak
  • 10 g buah ciplukan
  • 10 g rimpang kunyit
  • 10 g daun meniran
  • 10 g daun sambiloto
  • 10 g rimpang temumangga

Cara mengolahnya: Cuci bersih semua bahan. Parut rempah temulawak, temu mangga, dan temuputih. Masukkan bahan ini ke dalam panci berisi 2 gelas air lalu rebus hingga jadi 1 gelas saja. Sebelum ramuan rempah diangkat, hancurkan biji jintan hitam sampai halus. Tambah ke dalam ramuan itu kemudian aduk. Saring dan biarkan sejenak namun pastikan ramuannya masih hangat untuk diminum. Minum sehari 2 kali masing-masing ½ cangkir saja.

Penelitian Jadi Bukti Khasiat Buah Ciplukan

Beberapa peneliti di dalam negeri pun sangat meyakini khasiat anti-kanker pada tanaman ciplukan. Salah satu yang terus dikembangkan adalah potensi handal ciplukan untuk membantu penderita kanker payudara. Ekstrak ciplukan menjadi sampel penelitian bagi Muhammad Deri, Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Tenyata ekstrak buah ciplukan dapat dikembangkan menjadi prototype atau bagian dari alat terapi kanker payudara dalam bentuk bra.

Pada penelitian lain oleh mahasiswi UGM ditemukan kalau ciplukan berhasil menekan tumbuhnya sel kanker sampai 20 persen. Potensi ciplukan salah satu jenis herbal terbaik bila dapat dikembangkan sebagai agen kemopreventif. Artinya penggunaan ciplukan sebagai alternatif terapi yang berbahan herbal sudah dinilai lebih aman.

Berbagai temuan menarik itu tentu meyakinkan kita bahwa buah ciplukan bisa jadi tameng kanker yang efektif.  Konsumsi herbal ciplukan mampu membuat kesehatan tubuh kian meningkat, mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi diri dari serangan jantung. Sifatnya yang anti-kanker akan mampu mengurangi efek peradangan.

Setelah mengetahui beragam kegunaan buah ciplukan maka kini Anda bisa mulai mencari keberadaannya. Tidak harus menelusuri jalan-jalan desa karena buah ini ada di sejumlah pasar tradisional hingga swayalan besar. Sekian informasi lengkap tentang manfaat dan khasiat Ciplukan, buah kecil yang rasanya manis menyegarkan, serta memiliki khasiat luar biasa.

Baca artikel lain mengenai Biopsi Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − eight =