Biaya Radioterapi

Estimasi Biaya Radioterapi Bagi Penderita Kanker

Apa Itu Radioterapi?

Radioterapi sudah tidak asing lagi bagi kita yang berkecibung di dunia medis atau kesehatan. Begitu juga bagi mereka yang menderita sakit seperti kanker atau tumor, biasanya mereka akan lebih familiar karena radioterapi ini juga termasuk salah satu metode pengobatan penyakit kanker atau tumor. Nama popular lain dari radoterapi adalah sinar – x, radioterapi ini tujuannya untuk mematikan sel kanker yang ada, sehingga sel – sel kanker tersebut tidak dapat memperbanyak diri lagi.

Mengenal Cara Kerja Radioterapi

Dalam praktiknya, radioterapi menggunakan radiasi yang cukup tinggi untuk mematikan sel – sel kanker yang ada pada tubuh penderita. Sehingga kecil kemungkinan sel kanker akan tumbuh kembali pada tubuh penderita. Meski radioterapi ini memiliki efek samping, penderita akan perlahan – lahan mengalami kesembuhan apabila mengikuti saran yang diberikan oleh dokter.

Radioterapi ini juga termasuk salah satu metode pengobatan yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit kanker, tapi biasanya penderita kanker terkendala pada biaya radioterapi yang cukup mahal. Belum lagi jika pasien juga menjalani kemoterapi yang juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Jenis Kanker Apa yang Memerlukan Radioterapi?

Dewasa ini semakin banyak jenis penyakit yang muncul, hal itu dikarenakan pola hidup manusia yang sudah sangat berubah. Biasanya manusia yang terkena penyakit parah itu mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat, seperti konsumsi junkfood berlebih dan tidak rutin olahraga.

Seringkali usia muda tidak menjamin tubuh kita sehat, akhir – akhir ini bahkan kebanyakan penderita penyakit berat sepeti kanker itu kaum muda dengan usia produktif. Itu menunjukan bahwa perubahan zaman merubah pola hidup masyarakat. Segala hal menjadi lebih praktis dan cepat namun jika tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat, justru malah menjadi boomerang bagi manusia.

Begitupula jenis kanker yang ada, dengan diimbangi metode pengobatan medis yang lebih maju, penemuan kanker juga semakin banyak jenisnya. Perlu kita ketahui, jenis – jenis kanker yang perlu  penanganan ekstra seperti radioterapi dan jenis kanker yang hanya perlu ditangani dengan pengobatan ringan saja bahkan bisa juga disembuhkan dengan pengobatan herbal tanpa harus melakukan operasi atau penanganan medis yang sejenisnya. Berikut ada beberapa jenis penyakit kanker yang memerlukan penanganan dengan medis, salah satu yang akan kita bahas berikut ini, yaitu penanganan jenis kanker yang dapat diatasi dengan radioterapi.

  • Kanker otak
  • Kanker payudara
  • Kanker leher rahim
  • Kanker tenggorokan
  • Kanker paru-paru
  • Kanker pancreas
  • Kanker prostat
  • Kanker kulit
  • Kanker rahim

Dengan menggunakan metode radioterapi atau sinar – x ini, maka radiasi akan mematikan sel kanker yang ada bahkan mengurangi pertumbuhan sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain. Sehingga kecil kemungkinan sel kanker akan tumbuh kembali pada tubuh penderita. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa radioterapi ini juga memiliki efek samping yang harus dirasakan oleh penderita kanker. Tapi tidak perlu khawatir, karena efek samping yang ditimbulkan dapat sembuh apabila kita rutin melakukan hal – hal yang sudah disarankan oleh dokter.

Biaya Radioterapi di Indonesia, Penang, dan Singapore?

Berbicara tentang biaya radioterapi, ini termasuk hal yang paling sering menjadi kendala bagi mereka penderita kanker yang memang masih termasuk kalangan menengah ke bawah.  Bahkan banyak dari mereka yang memilih menahan sakit karena tidak memiliki biaya untuk melakukan radioterapi, dibawah ini kita akan membahas beberapa biaya radioterapi Indonesia, Penang dan Singapore.

1. Estimasi Biaya Radioterapi di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa rumah sakit ternama yang memiliki fasilitas radioterapi, dari jajaran rumah sakit negeri sampai rumah sakit swasta yang fokus dalam penanganan kanker dengan menggunakan metode radioterapi. Salah satunya adalah Rumah sakit MRCCC Siloam Hospital Semanggi ini merupakan salah satu rumah sakit yang khusus menangani kanker.

Untuk rata – rata harga radioterapi di Indonesia berkisar Rp. 70.000.000 s.d 80.000.000 untuk beberapa kali tindakan radioterapi. Ini termasuk rata – rata tarif normal dengan penanganan standar. Rumah sakit MRCCC Siloam Hospital Semanggi bahkan mematok biaya radioterapi mulai dari Rp.70.000.000 belum termasuk obat, laboratorium serta konsultasi dokter. Biasanya pasien yang termasuk kalangan menengah ke atas memilih harga yang lebih tinggi karena memilih menggunakan fasilitas seperti kamar dan pelayanan yang lebih baik. Kisaran biaya ini juga tidak bisa berbeda antar satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya. tentunya anda harus melakukan konsultasi administrasi terlebih dahulu sebelum memulai proses penyembuhan kanker dengan radioterapi.

2. Estimasi Biaya Radioterapi di Penang

Negeri tetangga juga punya rumah sakit yang sudah terkenal di kancah internasional, rumah sakit ini memang tidak hanya fokus pada penanganan penyakit kanker dengan menggunakan metode radioterapi tapi kualitas penanganannya tidak kalah saing dengan rumah sakit di Eropa. Ada dua jenis rumah sakit yang direkomendasikan sebagai tempat radioterapi di Penang, yakni Mount Miriam Cancer Hospital Penang dan Gleneagles Penang Medical Centre.

Untuk estimasi biaya penanganan kanker dengan menggunakan metode radioterai rumah sakit Gleneagles Penang Medical Centre terbilang lebih tinggi daripada di rumah sakit Mount Miriam Cancer Hospital Penang. Tentunya perbedaan biaya radioterapi kedua rumah sakit ini sebanding dengan kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan didalamnya. Selain itu, mayoritas dokter di rumah sakit tersebut adalah lulusan dari USA, United Kingdom dan Australia.

3. Estimasi Biaya Radioterapi di Singapore

Singapore punya rumah sakit yang tidak hanya fokus untuk menangani penyakit saja terutama kanker, rumah sakit ini juga menyediakan layanan kesehatan terintegrasi. Rumah sakit ini memnag sudah sangat modern dlam penangananya di imbangi dengan dokter serta tenaga kesehatan yang ahli pada bidangnya. Rumah sakit ini berada di1 Farrer Park Station Road, #02-01 Connexion, Singapura 217562. Dalam menangani penyakit kanker dengan metode radioterapi, rumah sakit ini mempunyai kisaran biaya sebesar Rp. 45.000.000 juta dalam rupiah, selama satu kali masa pengobatan.

Bagaimana Mengatasi Problem Jika Kekurangan Dana?

Indonesia punya beberapa sarana kesehatan bagi masyarakat, salah satunya ialah pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Program ini merupakan pengganti dari berbagai jenis asuransi yang ada. Meskipun begitu, pada kenyataanya program ini juga masih memiliki kekurangan. Salah satu kekuranganya adalah jaminan bagi penderita kanker akut ada beberapa obat kanker yang memang belum di tanggung oleh pihak BPJS.

Banyak dari masyarakat yang menderita kanker dan peru melakukan pengobatan lanjut tapi terkendala dengan biaya, salah satu solusi yang bisa dilakukan ketika penderita kanker mengalami kendala pengobatan semisal biaya radioterapi maka bisa mengajukan diri kepada pihak Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Yayasan ini berdiri dengan tujuan membantu para penderita kanker di Indonesia agar bisa sembuh seperti sediakala.

Sejauh Apa Bantuan YKI Bagi Pasien Kanker yang Kurang Mampu?

Bagi penderita kanker yang memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan bisa merasakan pengobatan dengan baik dibantu dari pihak YKI ini. Dana yang dimiliki YKI ini didapatkan dari beberapa donatur bahkan dari donasi anak – anak sekolah yang ingin membantu penderita kanker agar dapat merasakan pengobatan yang layak. Bagi para penderita kanker, biasanya yayasan YKI akan membantu dalam berbagai bentuk seperti bantuan secara moril dan material bahkan bimbingan atau pendampingan sampai sembuh.

YKI juga memberikan bantuan hingga Rp. 5.000.000 setiap pembelian obat, serta Rp. 25.000.000 bagi penderita kanker yang akan melakukan operasi ataupun radioterapi. Pihak YKI selalu terbuka dan siap membantu bagi para penderita kanker yang memang membutuhkan, selama dan yang dimiliki YKI masih ada.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Rumput Mutiara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + eighteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.