Biaya Kemoterapi Kanker

Kisaran Biaya Kemoterapi Kanker Sesuai Jenis Kanker dan Rumah Sakit

Kemoterapi adalah pengobatan kanker yang paling sering dilakukan. Proses kemoterapi dilakukan dengan memberikan obat kemoterapi pada bagian yang terkena kanker. Bentuk obatnya bisa berupa cairan, pil, kapsul, atau krim. Kemoterapi dilakukan sampai beberapa kali dan dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena penggunaan obatnya dan banyaknya kemoterapi yang harus dilakukan untuk menyembuhkan sebuah penyakit kanker, biaya kemoterapi kanker lumayan mahal. Ketahui informasi lebih lengkap mengenai kisaran biaya kemoterapi kanker di bawah ini. Mungkin bisa Anda jadikan referensi untuk mempersiapkan keuangan sebelum melakukannya.

Proses Kemoterapi

Kemoterapi sudah ada sejak tahun 1950 dan menjadi salah satu standar untuk mengobati penyakit kanker. Saat ini proses kemoterapi dianggap sebagai cara mengobati kanker paling efektif. Sampai saat ini ada 50 obat-obatan lebih yang bisa digunakan.

Sebelum melakukannya, biasanya dokter akan memberikan pertimbangan lewat beberapa faktor. Antara lain, stadium kanker, jenis kanker, kesehatan dari organ tubuh, status dari hormon reseptor, dan lain sebagainya.

Dokter akan memilih apakah kemoterapi akan dijadikan terapi utama atau terapi tambahan. Apabila tujuannya untuk membunuh sel kanker maka kemoterapi dilakukan sebagai terapi primer. Sementara terapi tambahan hanya dilakukan supaya pertumbuhan tumor bisa dikendalikan.

Dosis pemberian obat kemoterapi disesuaikan dengan seberapa parah kanker yang diderita. Apabila masih dalam tahap awal biasanya hanya diberikan dosis kecil dan hanya dilakukan pada organ yang terkena kanker. Jika sudah parah maka obat dosis besarnya diberikan supaya menyebar ke seluruh tubuh.

Setiap satu sesi kemoterapi, waktu yang dibutuhkan bisa selama dua atau tiga jam. Namun ada juga yang lebih lama.

Meski dianggap paling ampuh untuk mengobati kanker tapi terkadang kemoterapi bisa menimbulkan efek samping. Contoh paling sering adalah kerontokan rambut. Hal ini terjadi karena obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh penderita tidak bisa membedakan sel normal dan yang sudah terjangkit sel-sel kanker.

Jika efek samping terjadi biasanya dokter akan memberikan obat tambahan penghilangnya. Jika demikian maka biaya kemoterapi kanker bisa saja lebih mahal.

Namun jangan khawatir karena selama menjalani kemoterapi dokter akan memberikan anjuran kepada pasiennya supaya melakukan beberapa hal yang berguna untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping.

Mahalkah Biaya Kemoterapi?

Biaya kemoterapi untuk mengobati kanker berbeda-beda untuk setiap orangnya. Oleh karena tergantung dengan jenis kanker, jenis obat, dan yang melayani kesehatannya. Semua ini akan dibicarakan oleh dokter kepada pasiennya ketika berkonsultasi. Atau Anda bisa menanyakannya lebih dulu.

Biaya dalam sekali sesi kemoterapi biasanya dimulai dari tiga juta sampai dengan puluhan juta rupiah. Semakin besar rumah sakitnya pastinya lebih banyak biaya lain yang harus dibayarkan, misalkan biaya untuk fasilitasnya dan tenaga medis berpengalamannya.

Biaya kemoterapi juga bisa sampai 100 juta rupiah per bulannya. Menurut Wakil Sekretaris Umum dari Yayasan Kanker Indonesia, Dr Ulfana Said Umar, rata-rata biaya per bulannya adalah 102 sampai 106 juta rupiah.

Banyaknya jumlah biaya tersebut karena terbagi menjadi beberapa hal. Seperti, diagnosis awal kanker biasanya biayanya saja sudah sampai ke angka 10 juta rupiah. Jika harus dioperasi maka bisa 25 sampai 29 juta rupiah untuk biaya minimalnya. Meski sudah dioperasi juga ada yang perlu dilakukan kemoterapi atau radiasi sekitar 2 sampai 6 juta rupiah per terapi.

Biasanya kemoterapi harus dilakukan sampai dengan 6 kali sehingga biaya untuk kemoterapi keseluruhan saja harus mengeluarkan uang sekitar 12 juta sampai 36 juta rupiah.

Jika ingin menggunakan BPJS bisa saja tapi tidak semuanya bisa mendapatkan santunan. Seperti contoh data dari YKI yang mengatakan bahwa dari 1.200 pasien kanker darah atau leukimia, yang bisa disantuni lewat BPJS atau Askes hanya 20 persen, disantuni yayasan hanya 10 sampai 15 persen, sementara sampai 75 persennya harus bayar sendiri.

Dengan mahalnya biaya ini banyak pasien yang justru beralih ke pengobatan menggunakan bahan herbal. Memang ada yang berhasil tapi waktunya lebih lama. Ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan sel kanker. Buah-buahan tersebut biasanya dicampurkan dengan bahan herbal lain dan sudah ada dalam bentuk obat seperti kapsul, cair, dan lain sebagainya.

Meski demikian, tapi banyak juga bahan herbal lainnya yang diklaim bisa menyembuhkan kanker. Padahal khasiatnya belum benar-benar terbukti. Biasanya mereka yang mengambil jalan ini adalah orang-orang tidak mampu.

Perkiraan Biaya Kemoterapi di Rumah Sakit Indonesia

Contoh biaya lain untuk kemoterapi adalah biaya kemoterapi kanker rahim. Diperkirakan biaya untuk menyembuhkannya tanpa operasi kanker rahim adalah 94 juta rupiah dengan rincian sebagai berikut.

  • Biaya dengan non taxan sekitar 16,7 juta rupiah.
  • Biaya dengan taxan sekitar 8,7 juta rupiah.
  • Biaya terapi saja sekitar 26,8 juta rupiah.
  • Biaya kombinasi sekitar 41,2 juta rupiah.

Kemudian untuk biaya di beberapa rumah sakit yang ada di Indonesia, di bawah ini ada sedikit informasinya.

  • Kisaran biaya kemoterapi di rumah sakit besar yang ada di Surabaya RSUD Dr. Soetomo adalah sekitar 21,5 juta rupiah untuk tiga kali kemoterapi. Sementara untuk empat kali pengobatan menjadi sekitar 28,1 juta rupiah. Harga ini khusus untuk kanker paru yang melakukan kemoterapi gemcitabine kombinasi cisplatin.
  • Sedangkan untuk biaya medik dengan jenis operasi yang sama di rumah sakit ini adalah sekitar 44,9 juta rupiah. Harga untuk khusus untuk perawatan pasien di kelas I.
  • Contoh lainnya adalah biaya di MRCCC Siloam Hospitals Semangi dan Siloam Hospitals Lippo Village Jakarta yang biaya kemoterapinya dimulai dari 2 juta rupiah.

Jika Anda ingin menggunakan BPJS maka bisa datang ke rumah sakit kanker rujukan pemerintah. Yaitu di Rumah Sakit Kanker Dharmais dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Bukan hanya yang tinggal di Jakarta, dari seluruh Indonesia juga bisa karena sifatnya nasional.

Namun besarnya biaya yang bisa ditanggung ada batasnya, biayanya juga sesuai jenis kanker yang akan disembuhkan. Biaya kemoterapi yang bisa ditanggung BPJS paling murah adalah sekitar 734 ribuan untuk menyembuhkan kanker darah (leukimia) akut. Sementara itu, biaya yang paling tinggi adalah sekitar 5,5 juta rupiah untuk mengobati kanker kulit.

Untungnya, BPJS menglaim bahwa biaya yang bisa ditanggung adalah 100 persen. Jika biayanya keseluruhan kemoterapinya sekitar 4 sampai 15 juta rupiah. Jadi tidak ada tambahan lainnya, kecuali transportasi dari kota asal, makanan selama ada di Jakarta, dan biaya tidak terduga lainnya yang tidak bisa ditanggung BPJS. Tanggungan ini berlaku untuk semua kelas BPJS.

Perkiraan Biaya Kemoterapi di Rumah Sakit Singapura

Jika ada pasien kanker yang ingin berobat ke luar negeri, Singapura sering menjadi pilihan utama. Oleh karena dekat dengan Indonesia dan memiliki kualitas internasional terbaik. Contoh rumah sakit kanker terbaik di Singapura adalah Mount Elizabeth.

Perkiraan biaya ini semuanya termasuk jika Anda melakukan perawatan bedah rawat jalan dan rawat inap, berbagai tes seperti histologi, radiologi, laboratorium sampai biaya prosesur ahli anestesi.

  • Untuk biaya rumah sakit dan dokter masing-masing memiliki harga yang sama. Untuk harga rendah sekitar S$2.500, harga SEDANG S$4.000, harga tinggi S$5.000. Jadi total biaya semuanya untuk harga rendah adalah S$5.000, harga sedang S$8.000, dan harga tinggi S$10.000.
  • Untuk harga rendah maka 1 dari 4 pasien bisa membayar biaya yang kurang dari kisaran tersebut. Sementara untuk harga sedang maka sebanyak 50 persen pasien bisa membayar lebih dan 50 persen lagi bisa membayar kurang. Sedangkan untuk harga tinggi 1 dari 4 pasien bisa saja harus membayar biaya yang lebih dari kisaran tersebut.

Demikianlah informasi mengenai perkiraan biaya kemoterapi kanker yang bisa diberikan. Dengan mengetahuinya maka Anda bisa lebih mempersiapkan semuanya.

Baca artikel lain mengenai Gejala Kanker Nasofaring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.