Berobat ke Singapura Atau Malaysia

Pilih Mana Berobat ke Singapura Atau Malaysia?

Saat ini cukup banyak pasien yang memilih berobat ke luar negeri dibandingkan dalam negeri untuk memperoleh kesembuhan. Umumnya negara yang dipilih untuk berobat oleh orang Indonesia adalah negara dengan jarak lebih dekat namun memiliki kualitas tinggi. Negara tetangga yang sering dikunjungi oleh orang Indonesia untuk memperoleh kesembuhan yaitu Singapura dan Malaysia. Kedua negara ini memiliki kualitas unggul di bidang medis. Dan terkadang pasien dari Indonesia binggung jika harus memilih berobat ke Singapura atau Malaysia.

Menjalankan pengobatan ke luar negeri sekarang ini seakan menjadi trend bagi pasien Indonesia. Padahal untuk berobat ke luar negeri membutuhkan banyak persiapan. Meskipun sebenarnya pelayanan medis di dalam negeri sudah cukup mumpuni untuk memperoleh penyembuhan namun sebagian besar pasien tetap memilih berobat ke luar negeri dengan berbagai alasan.

Kelemahan dan Kelebihan Berobat ke Luar Negeri

Memilih berobat ke luar negeri menjadi pilihan untuk memperoleh kesembuhan. Berobat ke luar negeri biasanya dilakukan oleh orang-orang kaya dengan alasan untuk memperoleh pelayanan medis yang canggih dan modern. Sebelum menentukan serta memilih pengobatan ke luar negeri sebaiknya mengerti tentang kelemahan dan kelebihan berobat di luar negeri terlebih dahulu.

Kelemahan saat berobat ke luar negeri umumnya adalah masalah biaya. Cukup banyak biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh pelayanan medis berkualitas prima di luar negeri. Biaya yang harus dikeluarkan, yaitu transportasi, penginapan, makan, konsultasi dengan dokter, obat-obatan dan tentu saja biaya pelayanan medis. Pasien dari Indonesia sangat percaya pada pelayanan dan hasil diagnosa dokter di luar negeri sehingga terkadang menjadi obyek untuk memperoleh penghasilan besar.

Gedung rumah sakit yang besar dan megah serta fasilitas kesehatan dengan peralatan canggih dan modern sering menjadi patokan bagi pasien Indonesia dari segi kualitas. Namun sebenarnya hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Terkadang pasien yang hanya menderita penyakit ringan akan diperiksa secara keseluruhan dengan peralatan canggih tersebut kemudian divonis menderita penyakit ini itu yang kurang relevan. Dan pada akhirnya akan membawa tumpukan berkas atau file hasil pemeriksaan. Ditambah lagi pasien akan memperoleh obat-obatan yang seabreg. Padahal pemeriksaan dan obat-obatan tersebut harus dibayar dengan harga yang tidak sedikit. Belum lagi biaya dan waktu yang harus dikorbankan untuk bolak-balik kontrol ke dokter tersebut.

Meskipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit luar negeri namun peminat dari pasien Indonesia tidak lantas surut malah bertambah membludak. Ketika harus diberikan pilihan berobat ke Singapura atau Malaysia atau Indonesia maka jawabannya adalah di kedua negeri tetangga tersebut. Apalagi jika menderita penyakit kronis seperti penyakit kanker. Maka segala usaha pengobatan akan dilakukan meskipun harus ke luar negeri.

Pemilihan pengobatan ke luar negeri pasti berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan. Jika berobat ke luar negeri khususnya bagi penderita kanker maka pasien akan memperoleh pelayanan yang berkualitas tinggi.

Di rumah sakit Singapura dan Malaysia memiliki fasilitas yang modern dan berusaha untuk memberi kenyamanan bagi pasien. Dokter dapat diajak berkomunikasi dan berkonsultasi kapan saja. Dokter sangat komunikatif dengan pasien sehingga pasien dapat mengerti tentang penyakitnya dan apa yang harus dilakukan secara mendetail. Pasien Indonesia juga akan memperoleh pelayanan medis yang baik.

Pasien yang berobat di rumah sakit Singapura dan Malaysia akan diperiksa serta ditangani dengan peralatan canggih serta modern. Teknologi yang digunakan lebih canggih dan prosedurnya lebih mudah daripada di Indonesia. Rumah sakit di luar negeri lebih terjamin keamanan dan kenyamanan bagi pasien saat berobat.

Harga yang harus dikeluarkan untuk memperoleh pengobatan di luar negeri sangat relatif. Jika memperoleh dokter yang profesional maka akan diberikan obat sesuai dengan penyakitnya. Harga obat di luar negeri lebih murah daripada harga obat di dalam negeri. Biaya pelayanan kesehatan di rumah sakit saat berobat ke Singapura atau Malaysia juga relatif lebih murah.

Rumah Sakit untuk Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti karena dapat menyebabkan kematian. Segala macam pengobatan akan ditempuh untuk memperoleh kesembuhan dan mengusir sel-sel kanker dari tubuh. Rumah sakit di Singapura dan Malaysia menjadi pilihan utama bagi pasien kanker di Indonesia untuk memperoleh kesembuhan.

SingHealth dan Gleneagles Singapore merupakan rumah sakit terbaik di Singapura yang memiliki spesialisasi pengobatan penyakit kanker. Sedangkan Mount Miriam Cancer Hospital dan Loh Guan Lye adalah rumah sakit terbaik di Malaysia untuk memperoleh pengobatan penyakit kanker.

Pasien kanker harus dapat memilih tempat pengobatan kanker yang terbaik untuk memperoleh kesembuhan. Dalam segi transportasi dari Indonesia dan kecanggihan peralatannya mungkin Singapura dapat menjadi pilihan yang utama untuk menyembuhkan pasien kanker. Harga obat-obatan dan biaya pelayanan medisnya juga relatif tidak terlalu mahal. Sedangkan jika memilih berobat ke Malaysia maka harus menyediakan biaya yang lebih karena pasien akan dikenakan tarif lumayan mahal. Namun apabila terdapat masalah biaya maka dapat memperoleh keringanan dari salah satu rumah sakit yang berkonsep kemanusiaan.

Memilih berobat ke Singapura atau Malaysia untuk pengobatan kanker harus mengumpulkan informasi secara detail tentang pelayanan kesehatannya. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lain mengenai Dokter Spesialis Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =