Berobat Ke Penang

Tips Berobat Ke Penang Lengkap dengan Saran Rumah Sakit dan Penginapannya

Kesehatan amat mahal harganya, apalagi bagi yang tidak pernah menjaga kesehatannya sejak jauh-jauh hari. Kebanyakan orang baru mencari tenaga medis setelah sakit yang mereka derita sudah stadium akut dan karena sudah terlambat, kecil kemungkinan bisa menyembuhkan pasien kembali seperti sedia kala. Walau begitu, semangat untuk sembuh selalu ada dan masyarakat selalu mencari tenaga medis yang dinilai mampu untuk menyembuhkan penyakit yang mereka derita dengan izin Tuhan.

Sudah tak lagi jadi rahasia saat masyarakat Indonesia memiliki kepercayaan lebih pada tenaga medis yang ada di Penang, Malaysia. Utamanya adalah warga yang ada di daerah yang berdekatan dengan Malaysia. Bukan cuma karena sekadar berobat keluar negeri yang memberikan gengsi cukup besar, namun juga karena tenaga medis serta semua sarananya memberikan pelayanan terbaik untuk pengobatan masyarakat. Kualitas pelayanan rumah sakit yang ada di Malaysia memang lebih memuaskan untuk beberapa jenis penyakit, salah satunya kanker.

Alasan Masyarakat Memilih Berobat ke Penang

Berobat bukan hanya karena harus  berikhtiar untuk kembalinya kesembuhan, melainkan juga karena ada alasan lain yang membuat pasien memilih untuk melakukan pengobatan di Penang. Berikut ini adalah beberapa alasan yang dikemukakan oleh masyarakat saat memilih untuk terbang ke Penang.

  • Adanya beberapa rumah sakit spesialis kanker paling bagus di Malaysia, sangat direkomendasikan dan selain itu rumah sakit spesialis lainnya juga rekomendasi bagi para pasien.
  • Rumah sakit yang ada di Penang beberapa diantaranya adalah rumah sakit yang memberikan biaya lebih terjangkau, sebab dikelola oleh berbagai organisasi non profit. Kita perlu mengetahui berbagai informasi mengenai hal ini untuk sedikit meringankan biaya berobat.
  • Tim dokter yang berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi di bidang masing-masing, selain itu tim medis dan perawatan lainnya juga patut diacungi jempol kualitasnya.
  • Dilengkapi dengan teknologi medis yang paling baru, serta selalu memiliki stok obat yang nyaris tidak pernah kosong, material medis pun selalu ada.
  • Tak perlu khawatirkan komunikasi karena para dokter dan tenaga medisnya mampu berbicara dengan berbagai bahasa seperti Malaysia, Indonesia, Mandarin dan tentu saja Inggris.
  • Konsultasi bersama dokter serta tenaga medisnya terjaga dengan baik, sehingga pasien bisa mendapatkan lebih banyak masukan dan berbagi cerita, serta mendapatkan pandangan terbaik mengenai kondisi kesehatan mereka masing-masing.

Dari Kuala Lumpur kita akan menghabiskan perjalanan menuju Kota Penang selama 4 jam gunakan bus, tetapi dengan pesawat hanya 50 menit saja. Kota Penang adalah kota wisata medis yang menjadi favorit orang Indonesia, di sini berbagai dokter ahli ada dan siap melayani dengan profesional. Tak hanya dokter kanker, namun juga kandungan, saraf, jantung, dan juga spesialis tulang. Kota Penang juga terkenal dengan kulinernya yang membuat lidah kangen untuk mencicipinya lagi dan lagi.

Rekomendasi Rumah Sakit di Penang

Memutuskan untuk berobat ke Penang membutuhkan pemikiran yang matang, tak hanya keuangan, namun juga harus tahu rumah sakit mana yang akan dituju. Sesuaikan dengan keluhan yang kita rasakan, cari informasi sebanyak mungkin untuk mempermudah proses administrasi serta pengobatan kita di sana kelak.

Berikut adalah beberapa rumah sakit yang ada di Penang.

  • Gleneagles Penang. Sebuah rumah sakit bintang lima, ada perwakilan Indonesia untuk mempermudah informasi serta pendaftaran bagi pasien dari nusantara sebelum berangkat, ada fasilitas antar jemput dari bandara cuma-cuma alias gratis. Dilengkapi peralatan medis terbaru dan lengkap, bahkan 64-slice CT Scanner.
  • Island Hospital Penang. Yang satu ini RS swasta prima dan memiliki dokter-dokter dengan pengalaman internasional, jemputan dari bandara secara gratis dan ada perwakilan dari Indonesia untuk mempermudah pendaftaran pasien dari tanah air.
  • RS Loh Guan Lye Penang. Memiliki dokter pengalaman internasional, RS modern ini juga sediakan paket check up yang lengkap dengan check up payudara serta jantung. Dijadikan favorit untuk layanan kandungan dan program kehamilan, THT, serta tentu saja kanker. Memiliki perwakilan informasi dan pendaftaran di Indonesia sebelum berangkatkan pasien di tanah air, menyediakan layanan jemput dari bandara cuma-cuma.
  • Penang Adventist Hospital. Rumah sakit ini adalah rumah sakit non profit, sudah memiliki akreditasi dari Joint Commission International (JCI) serta Malaysian Society of Quality in Health (MSQH). Berbeda dengan RS kebanyakan yang tutup di hari Minggu, rumah sakit yang satu ini justru buka dan gantinya pada hari Sabtu mereka libur.

Untuk akomodasi pun sudah lengkap, berikut adalah beberapa rekomendasinya.

  • Berjaya Penang Hotel atau Georgetown City Hotel. Lokasinya persis seberang Penang Adventist Hotel, walaupun bentuknya bangunan lama tetapi bagian dalamnya baru dan di bawahnya terdapat pusat pertokoan walau banyak tokonya yang tutup. Sewa kamar untuk pasien RM188 dan tambah RM10 untuk GST turisnya. Lokasi I-Stop Midland Park, 488, Jalan Burma, Pulau Tikus, 10350 George Town, Pulau Pinang, Malaysia.
  • Peacetree Inn atau Doubletree Inn. Ini adalah guest house yang tak jauh dari PAH dan siapkan RM70 – RM110 untuk sewa kamarnya. Lokasi di No. 5, Brown Road 10350 Penang
  • Wayton Court. Bentuknya apartemen yang dimiliki orang Medan di Penang, walau perabotannya agak jadul, tapi layak dan bersih. Sewa per malam dimulai RM75 dan lokasinya di Wayton Court Apartment.

Untuk makan, tak perlu merisaukannya sebab di sekitaran rumah sakit adalah tempat-tempat makan yang lezat dan sedia 24 jam. Hanya saja untuk teman muslim harus menanyakan apakah makanannya terbuat dari daging halal atau bukan, mengingat populasi non muslim yang cukup banyak di sini.

Tips Berobat ke Penang

  • Nomor antrian pelayanan tiap RS berbeda, carilah informasi sebanyaknya supaya tidak kehabisan antrian. Misal di PAH untuk berobat jantung di dokter Tei, ambil antrian sejak pukul dua subuh, lho!
  • Jika pasien yang baru, maka siapkan pasport (fotokopi) untuk pendaftarannya.
  • Untuk pasien lama cukup ambil nomor antrian dokter dan tunjukan kartu berobat yang dimiliki.
  • Sediakan satu hari kosong dari jadwal medis, sebagai jaga-jaga jika kondisi pasien drop atau obat yang tak cocok setelah dikonsumsi maka kita bisa kembali ke RS untuk menukar obat dan berkonsultasi tambahan.
  • Sebaiknya membuat jadwal terlebih dahulu dengan rumah sakit saat ada di Indonesia, salah satunya untuk mengetahui jadwal praktik dokter, sehingga keberangkatan kita kelak tidak sia-sia.
  • Selalu membawa surat-surat penting seperti data diri, termasuk medical record terbaru dari tanah air yang bisa digunakan untuk berdiskusi bersama-sama dengan tenaga ahli.

Demikian adalah tips berobat ke Penang yang sangat pentung untuk diketahui, jangan lupa untuk mencari informasi tambahan pada kerabat atau saudara yang pernah berobat di Penang untuk informasi pelayanan yang lebih lengkap lagi.

Baca artikel lain mengenai Gejala Kanker Getah Bening Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.