Benalu Batu

Beragam Manfaat dan Khasiat Benalu Batu Anti-Kanker

Jika pada umumnya benalu dikenal sebagai parasit, lain halnya dengan Benalu Batu. Siapa sangka tanaman yang kerap disebut Pulohi Wasu ini salah satu herbal tradisional yang sangat multiguna. Benalu batu termasuk tanaman langka yang hanya tumbuh di wilayah pegunungan batu Wawopada, Sulawesi Tengah.

Lokasi Pegunungan Wawopada terletak di Desa Wawopada, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali. Disana benalu batu tumbuh dengan akar yang merambat liar pada bebatuan karang gunung. Ciri benalu batu yaitu warna daun dan batang berwarna hijau-kemerahan.

Bila tertarik mendapatkan tanaman ini tak perlu repot menjelajah gunung. Anda cukup datang ke desa Wawopada-Morowali Utara untuk membeli sekantung Polohi Wasu asli yang dijajakan oleh warga sekitar.

Beragam Khasiat Benalu Batu

Selama bertahun-tahun, benalu batu telah dimanfaatkan warga Morowali untuk tujuan pengobatan. Menurut cerita, istri seorang pendeta mendapati mimpi tentang benalu batu. Dari mimpi itulah Ia mencari benalu batu guna meringankan derita kanker dalam tubuhnya.

Setelah beberapa kali meminum air rebusan Pulohi Wasu, ajaibnya istri pendeta tersebut berangsur sembuh tanpa harus operasi.  Sel-sel kankernya hancur kemudian keluar dari dalam perut melalui pembuangan feses atau kotoran.

Kisah ini bisa jadi bukti dahsyatnya manfaat benalu batu sebagai obat tradisional bagi penyakit-penyakit mematikan. Selain itu penelitian ilmiah juga mendapati bahwa Benalu Batu memiliki beragam senyawa baik. Ekstraknya mengandung senyawa saponin, flavanoid, tanin, dan polifenol. Maka sebagai detoks, benalu batu ampuh meluruhkan zat toksin dari dalam tubuh kita melalui sistem pencernaan yang lancar.

Benalu teh bisa dijadikan obat alami bagi kesehatan. Kandungan Flavanoid di dalamnya terbukti menjadi senyawa antioksidan, antiradang, analgesik, dan antivirus. Tak heran kalau sejumlah pengidap sakit kronis dinyatakan sembuh setelah konsumsi herbal alternatif dari Benalu Batu. Lebih lengkapnya berbagai penyakit ini dapat disembuhkan dari manfaat Benalu Batu:

  1. Benalu batu sanggup membunuh sel-sel tumor dan kanker.
  2. Lancarkan peredaran darah dan menurunkan kolesterol jahat.
  3. Pulihkan fungsi ginjal dan hati.
  4. Mengobati gangguan jantung.
  5. Mengobati penyakit hepatitis.
  6. Mengobati kencing nanah.
  7. Mengobati gangguan paru-paru.
  8. Menurunkan tekanan darah.
  9. Mengatasi sakit maag dan usus terlipat.
  10. Mengatasi gangguan prostat.
  11. Mengatasi gangguan usus turun.
  12. Meringankan asam urat.
  13. Mengatasi kecanduan nikotin dan narkoba.

Tips Jadikan Benalu Batu Obat Kanker

Kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di seluruh dunia.  Kecurigaan Kanker ditandai oleh munculnya benjolan di bawah permukaan kulit. Bila sudah memasuki stadium lanjut akan sulit mengantisipasi penyebaran kanker. Sejatinya jalan operasi adalah solusi medis yang wajib dilakukan untuk pengangkatan benjolan. Namun demikian jalan kesembuhan melalui operasi tak dapat menjamin kesembuhan total, dimana sel-sel kanker dalam tubuh kita belum tentu lenyap selama-lamanya.

Seiring waktu herbal tradisional makin banyak dimanfaatkan orang untuk melengkapi pengobatan kanker ganas. Beberapa pasien sepenuhnya mengkonsumsi herbal supaya proses pemulihan penyakit kronis dapat sempurna. Dari ragam tanaman herbal yang tumbuh di sekitar kita, jenis langka benalu batu layak dipertimbangkan.

Khasiat benalu untuk menyembuhkan beragam penyakit termasuk kanker sudah terkenal di seluruh dunia. Indonesia pun miliki beberapa benalu langka, dan salah satunya benalu batu. Senyawa penghambat keganasan kanker menjadikan benalu batu obat kanker payudara maupun kanker ganas lain seperti halnya kanker kulit, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker limpa, dan kanker otak.

Benalu yang direbus menjadi teh terbukti dapat digunakan sebagai herbal penunjang daya tahan tubuh selama menjalani kemoterapi. Air teh benalu juga mengandung senyawa aktif yang bersifat antipoliferasi sel kanker. Dengan kata lain senyawa itu mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker sebelum menjalar ke seluruh bagian tubuh. Herbal ini sangat efektif untuk meningkatkan kekebalan, mengurangi efek samping kemoterapi dan komplikasi lain.

Tidak sulit mengolah benalu batu sebagai ramuan tradisional untuk pengecilan kista atau tumor pemicu kanker mematikan. Sebelum itu tentu saja kita harus memiliki benalu batu yang sudah dikeringkan di bawah terik matahari. Alas yang digunakan selama proses penjemuran harus bersih dan bebas kuman. Nah, Anda bisa mencoba tips membuat minumah herbal dari daun benalu batu di bawah ini:

  • Cuci bersih 15 gram daun benalu batu kemudian direbus dalam satu liter air mendidih. Biarkan air rebusan mendidih hingga satu gelas saja. Setelah itu ke dalam gelas tanpa tambahan gula. Diamkan sampai agak dingin selama 30 menit dan saring.
  • Ramuan benalu batu obat kanker yang hangat dapat diminum ½ gelas pagi dan sore, sebelum atau sesudah makan. Agar berkurang rasa pahitnya, tambahkan madu atau jeruk lemon.
  • Supaya manfaatnya lebih optimal ada baiknya menambah herbal lain ke dalam rebusan air benalu batu seperti daun adas, daun sambiloto, kunir putih, akar alang-alang, atau sejenisnya.
  • Bagi penderita kanker kronis disarankan minum ramuan benalu batu obat kanker dengan dosis 2 sampai 3 kali sehari untuk pengobatan dalam waktu beberapa minggu. Selanjutnya cukup 1 kali seminggu atau 2 kali sebulan.
  • Jangan cemas dengan reaksi perut melilit dan sering buang air besar. Efek detoks usus dari ramuan ini membuat kotoran lebih cair dan berwarna kehitaman tetapi itu adalah perubahan yang normal.
  • Jika ingin lebih aman memanfaatkan benalu batu sebagai minuman herbal maka sebaiknya konsultasi terlebih dulu dengan dokter atau ahli gizi.

Tak perlu ragu mengolah dan meminum ekstak teh benalu batu. Air benalu aman dikonsumsi selama takarannya wajar atau tidak berlebihan. Namun beberapa peringatan perlu menjadi pengingat, yaitu wanita hamil dilarang keras meminumnya, reaksinya perut terasa mual dan sakit, dan berulang kali akan buang air besar, disarankan jangan minum herbal ini saat Anda hendak bepergian.

Setelah satu bulan meminum 1 paket teh daun benalu batu sebaiknya konsultasi kembali ke dokter untuk mengetahui perkembangan penyakit. Tidak sedikit orang yang dinyatakan bersih dari kanker setelah rajin mengkonsumsi benalu batu, bahkan beberapa masalah kesehatan di dalam tubuh ikut membaik.

Meski demikian tentu saja sangat penting untuk memperhatikan aturan minum agar secukupnya saja. Proses pengurasan isi perut tentu akan membuat kondisi tubuh lemas. Tetap jaga kesehatan Anda dengan banyak minum air putih serta memakan makanan sehat.

Ya, pola hidup sehat amat sangat mendukung manfaat benalu batu obat kanker. Kanker memang penyakit yang sangat menakutkan, terutama bagi yang menjalani kemoterapi, berbagai efek samping sangat mungkin terjadi. Tapi jangan khawatir sebab tahap-tahap pemulihan akan berjalan semakin baik jika didukung oleh langkah yang tepat. Perpanjang harapan hidup dengan konsumsi herbal pencegah penyebaran sel kanker, sekaligus memperbaiki jaringan yang mulai terganggu.

Jadi tepatlah dikatakan bila benalu batu obat kanker yang dapat Anda manfaatkan mulai dari saat ini. Semoga lekas sembuh.

Baca artikel lain mengenai Proses Kemoterapi

3 thoughts on “Benalu Batu”

  1. Artikel yg bagus. Tapi gambar yg ditampilkan itu tidak sesuai dgn benalu batu asli. Harap diganti gambarnya. Kalau mau lihat yg asli bisa hub sy. Ini no 081341133139

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =