Bedah Onkologi

Serba-Serbi Pengetahuan Penting Tentang Bedah Onkologi

Penyakit kanker dan tumor tak pernah bisa dilepaskan dengan yang namanya bedah onkologi sebab bidang kedokteran inilah yang memegang peran utama dalam proses penyembuhannya. Kanker dan tumor sendiri adalah sebuah serangan penyakit yang dianggap paling mematikan nomor dua di seluruh dunia setelah jantung dan stroke. Jadi sangatlah wajar jika penyakit ini selalu mendapat perhatian tinggi dari para praktisi kesehatan.

Apa Sih Onkologi Itu?

Onkologi sendiri merupakan suatu istilah kedokteran yang mengandung arti bidang kesehatan yang secara khusus menangani serta mengobati serangan penyakit tumor dan kanker. Adapun dokter yang juga secara khusus menekuni bidang ini dan bedah onkologi dinamakan sebagai ahli onkolog.

Selain itu, tidak jarang pula ada penderita kanker dan tumor perlu ditangani oleh beberapa ahli onkolog sekaligus. Para onkolog ini bertugas memberi pengobatan dan saran atas segala jenis unsur pemeriksaan dan penanganan penyakit kanker atau tumor. Termasuk juga menjalankan tugas untuk melakukan radioterapi, pembedahan dan kemoterapi.

Menurut segi klinis, onkologi terdiri dari tiga macam bidang utama. Pertama adalah onkologi bedah, memiliki tugas mempelajari ilmu-ilmu pembedahan kepada penderita kanker misalnya biopsi, stadium, dan reseksi bedah tumor.

Kemudian yang kedua dinamakan onkologi medis, dengan fokus utama terhadap penanganan serangan penyakit kanker melalui sistem pengobatan khususnya kemoterapi. Lalu yang ketiga disebut sebagai onkologi radiasi dengan tugas utama menangani kanker dengan sistem radiasi terapeutik.

Biasanya orang yang menderita kanker akan lebih sering melakukan hubungan dengan dokter onkologi medis. Peran dari onkolog medis ini antara lain adalah melakukan diagnosis kanker dan diskusi pada pasien atas tindakan medis yang harus dilakukan, termasuk bedah onkologi yang juga perlu dilaksanakan.

Selain itu juga akan mengatur serta mengawasi proses pengobatan, terapi sekaligus juga akan menangani resiko komplikasi yang kemungkinan bisa terjadi. Peran berikutnya ialah merawat pasien agar pulih kembali kesehatannya setelah penanganan kanker dilaksanakan.

Beberapa jenis penyakit kanker yang selalu ditangani oleh ahli onkologi atau onkolog antara lain adalah kanker paru-paru, kanker payudara, kanker saluran pencernaan, kanker kolokteral dan kanker ovarium. Jenis kanker lainnya seperti leukimia atau kanker darah, melanoma atau kanker kulit dan tumor ginjal juga selalu ditangani oleh onkolog medis.

Lalu Kapan Harus Ke Ahli Bedah Onkologi?

Kanker dan tumor merupakan penyakit berat dan bersifat mematikan. Untuk itu, setiap orang perlu mengetahui kapan ke ahli bedah onkologi. Sehingga saat serangan penyakit ini muncul, dapat segera ditangani secepatnya dan efek-efek negatifnya bisa dihilangkan atau paling tidak diminimalkan.

Cara paling baik untuk mencegah kanker dan tumor memang dengan cara melakukan deteksi lebih dini. Meski sebagian besar gejalanya bersifat umun, tetapi apabila pemeriksaannya bisa dilakukan lebih awal, penanganannya juga akan berjalan lebih cepat dan efektif.

Salah satu contohnya adalah kanker kulit. Gejala penyakit ini biasanya muncul dengan tanda berupa perubahan warna permukaan kulit, pigmentasi, pertumbuhan rambut yang tidak wajar, dan kulit berwarna kekuningan atau kemerahan. Gatal-gatal atau memar yang tidak diketahui secara jelas penyebabnya juga sering menjadi gejala awal dari serangan kanker kulit.

Munculnya benjolan pada permukaan kulit yang tidak dapat hilang juga perlu diwaspadai dan harus secepatnya diperiksakan ke ahli bedah onkologi atau onkolog. Leukimia atau limforma dan kanker getah bening, awal pertumbuhannya biasanya ditandai dengan benjolan semacam ini.

Kemudian untuk kanker payudara, juga ditandai dengan kondisi yang sama, yaitu pemunculan benjolan di sekitar area payudara. Selain itu tak jarang pula muncul beberapa tanda yang lain, seperti bentuk puting payudara yang menjadi melesak dan kulit payudara berubah jadi seperti mengkerut atau berwarna kemerahan. Gejala berikutnya, puting sering mengeluarkan cairan.

Selanjutnya perut kembung yang terjadi secara terus menerus dan disertai dengan pendarahan di organ vagina serta berat badan yang turun dratis menjadi gejala awal dari kanker ovarium. Penurunan berat badan ini sering pula menjadi pertanda dari pemunculan serangkan penyakit kanker perut, kanker paru-paru dan kanker pankreas.

Jenis-Jenis Bedah Onkologi

Operasi onkologi atau bedah onkologi merupakan wujud dari tindakan medis yang dilakukan dengan tujuan utama untuk menangani dan mengatasi pertumbuhan kanker. Atas dasar tujuan inilah, operasi onkologi dibagi menjadi beberapa jenis.

1. Operasi Pencegahan

Bagi Anda yang memiliki resiko tinggi kena penyakit kanker karena faktor riwayat keluarga atau keturunan dan genetik, bisa melakukan teknik pencegahan tanpa perlu menunggu adanya serangan penyakit tersebut.

Tindakan ini dilaksanakan melalui operasi dengan cara mengangkat organ atau jaringan yang dinilai lebih rentan terhadap kanker. Misalnya wanita yang anggota keluarganya pernah kena kanker payudara, dapat melakukan mastektomi meski diagnosis yang dilakukan tidak (belum) menunjukan adanya gejala kanker tersebut.

2. Operasi Pemeriksaan

Tidak jarang ada operasi onkologi yang dilaksanakan dengan maksud untuk mengetahui serta memastikan tidak ada bibit dan benih tumor yang diyakini sebagai sel kanker. Pada umumnya operasi ini dilakukan dengan cara mengambil sebagian kecil tumor di organ tubuh kemudian diteliti menggunakan mikroskop. Tindakan ini dinamakan biopsi dan melalui teknik ini dapat diketahui apakah tumor di organ tersebut tergolong sebagai tumor jinak atau ganas.

3. Operasi Penentuan Stadium Kanker

Klarifikasi atas satu serangan kanker kadangkala memerlukan beberapa kali tindakan operasi onkologi. Tujuannya adalah untuk menentukan dan mengetahui stadium kanker, yang tak lain menjadi faktor terpenting guna menentukan teknik pengobatan pada pasien. Operasi onkologi ini bertujuan pula untuk memeriksa dan mengevaluasi ukuran pertumbuhan tumor.

4. Operasi Pengobatan Awal

Dalam berbagai kasus penyakit kanker, operasi onkologi sering dilihat sebagai suatu langkah awal terbaik dari sistem pengobatan. Alasannya, karena melalui tindakan tersebut, tumor atau kanker dapat diangkat dari organ tubuh. Kemudian apabila infeksinya tidak parah, operasi ini cukup ditujukan untuk mengobati serangan penyakitnya saja. Namun tidak jarang ada pasien yang membutuhkan terapi atau operasi lain jika infeksinya sudah terlanjur parah.

5. Operasi Penghilangan Gejala

Selain yang telah disebutkan di atas, ada operasi atau bedah onkologi yang dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan beberapa jenis gejala pemunculan tumor dan kanker. Contohnya adalah operasi untuk mengurangi rasa sakit akibat adanya tumor atau sel kanker yang tumbuh dan menekan syaraf atau tumor yang pertumbuhannnya membuat saluran usus jadi sempit.

Tips Mencari Dokter Bedah Onkologi

Informasi tentang dokter bedah onkologi menjadi hal yang sangat penting bagi setiap orang yang sedang menderita penyakit kanker. Untuk mencari ahli onkologi terpercaya dan terbaik, harus dipastikan bahwa dokter tersebut sudah memiliki pengalaman tinggi di bidang onkolog yang ditekuninya.

Selain itu, pilihlah dokter yang sudah dikenal secara luas oleh masyarakat karena reputasi dan keahlian yang dimilikinya. Salah satu pembuktiannya adalah sering menerbitkan dan menulis jurnal ilmiah khususnya tentang hal-hal yang berhubungan dengan penyakit dan pengobatan penyakit kanker.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah, dokter onkologi ini harus mampu memberikan rasa nyaman pada Anda selaku pasien. Terutama ketika menjalani sesi konsultasi hingga operasi dan tindakan-tindakan lain paska operasi. Perlu diketahui, proses penyembuhan kanker dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan lamanya.

Jangan lupa pula mengutamakan dokter ahli bedah onlokogi yang mempunyai keahlian lebih spesifik lagi. Seperti dokter onkologi khusus kanker payudara, dokter onkologi khusus kanker pankreas, dan seterusnya.

Baca artikel lain mengenai Synovial Sarcoma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.