Bahaya Duduk Terlalu Lama

Bahaya Duduk Terlalu Lama Akan Mengakibatkan Darah Beku

Posting kali ini adalah terjemahan juga dari artikel Ng Wan Ching yang saya baca ketika mengantar mama saya yang sedang berobat di Mount Elizabet Singapore. Saya ingin menerjemahkan artikel ini agar pembaca di Indonesia juga dapat membacanya lebih enak karena sudah berbahasa Indonesia. Artikel ini mengenai dampak duduk terlalu lama, masyarakat modern termasuk saya sangat sering duduk di depan komputer lama artikel dari beliau ini menjelaskan bahaya duduk terlalu yang dapat mengakibatkan darah beku. Judul asli dari artikel ini adalah “Sitting too long can bring on killer blood clots”.

Ada suatu wanita berusia 30 tahunan dan menderita “pulmonary embolism” yang berarti darah beku pada pembulu darah besar yang bagian paru-paru yang menyebabkan wanita ini tidak bisa mendapatkan darah beroksigen cukup dalam tubuh. Kondisi oksigen dan tekanan darah tidak normal yang menyebabkan kondisi wanita ini bisa meninggal. Setelah diselidiki ternyata yang menjadi penyebab terjadinya ini adalah wanita itu bermain “mahjong” di malam hari hingga pagi hari (duduk terus), tetapi untunglah nyawa wanita ini dapat diselamatkan setelah masuk dalam ruang ICU.

Plumonary Embolism sangat fatal jika ini terjadi, kelihatannya sangat sederhana hanya karena darah beku tetapi darah beku bisa merenggut nyawa seseorang, dampak duduk terlalu lama adalah sebenarnya menjadi penyebab darah beku tersebut. Hal ini juga terjadi pada kalangan muda yang suka bermain game di multiplayer, fenomena ini dapat juga dilihat di Indonesia. Ketika dulu saya masih sekolah di Universitas saat itu masih populer bermain game online di warnet banyak teman-teman yang bermain hingga menginap di multiplayer. Kegiatan yang sering dilakukan pastinya duduk dan berinteraksi dengan keyboard dan mouse.

Dengan datangnya Chinese New Year (Imlek) tentunya akan banyak orang rekreasi entah naik mobil atau naik pesawat. Duduk terlalu lama akan lebih beresiko Deep Vein Thrombosis (DVT) karena tidak bergerak dalam waktu yang lama. Dokter lebih menganjurkan untuk lebih sering bergerak ketika anda di dalam pesawat, bermain mahjong atau bermain game komputer. Dalam posting saya yang sebelumnya saya bercerita tentang olahraga untuk mencegah kanker yang sebenarnya olahraga itu adalah tujuannya melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Dari setiap kasus dari tahun ke tahun angka penderita semakin meningkat yaitu:

  • 3 dari 10.000 di Hongkong pada tahun 1988
  • 3 dari 10.000 di Malaysia pada tahun 1990
  • 8 dari 10.000 di Singapore pada tahun 1992

Angka itu meningkat menjadi:

  • 19 dari 10.000 pada tahun 1996-1997
  • 45 dari 10.000 pada tahun 2002-2003

Anda bisa terkena Plumonary Embolism jika:

  • Terjadi kendala pada Venous Thromboembolism
  • Sedang menjalankan terapi hormon
  • Thrombophilia, kondisi yang menyebabkan resiko darah beku lebih tinggi daripada orang normal
  • Hamil
  • Duduk Terlalu Lama
  • Sesudah menjalankan operasi
  • Bisa terjadi pula jika anda sedang menderita penyakit kanker, jantung, infeksi dll

Tanda-tanda yang paling dapta dilihat jika kita terkena DVT adalah sakit, bengkak dan kulit memerah. Bengkak bisa terjadi di kedua kaki tapi itu jarang menurut Profesor Lee Lai Heng Senior Konsultan Hematologi dari Singapore General Hospital. Ada juga yang mengalami Plumonari Embolism sekitika sehingga tidak bisa bernafas sehingga dada terasak sesak dan pusing. Jika kita duduk di dalam pesawat 6 jam kita lebih beresiko terkena DVT 6% menurut Dr Julian Wong. Cara paling mudah adalah jalan-jalan sebentar di dalam pesawat sehingga aliran darah bisa lancar kembali.

Saya memohon maaf jika adalah salah terjemahan yang menyebabkan salah informasi, semoga informasi ini berguna. Kenapa artikel ini sangat penting karena saya melihat komputer sekarang sudah ada hampir di semua pekerjaan apalagi jaman sekarang sudah maju dan internet dimana-mana tentunya duduk terlalu lama akan sering dilakukan oleh generasi muda. Pola makan jaman sekarang juga sudah berubah dari jaman dulu sehingga resiko penyakit Plumonary Embolism akan semakin tinggi seperti yang dijelaskan pada artikel yang ditulis. Saya ingin memposting ini di blog saya agar semua pembaca blog ini bisa mulai mengubah kebiasaan duduk terlalu lama. Dampak duduk terlalu lama sudah dijelaskan pada bagian di atas semoga bisa menjadi informasi yang berguna bagi masyarakat indonesia.

Sumber Artikel diterjemahkan dari tulis NG WAN CHING

Baca artikel lain mengenai Pengobatan Kanker Payudara

Artikel asli dipublikasi pada koran di Singapore dan saya memfoto jika ingin membaca versi original-nya silahkan membaca pada gambar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Download Part 1
Download Part 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.