Apa Itu Penyakit Kista

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Penyakit Kista

Apa Itu Penyakit Kista?

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita dengar pertanyaan apa itu penyakit kista, perlu kita pahami bahwa kista adalah penyakit dengan ciri kantong – kantong jaringan yang terbentuk dibawah permukaan kulit, pada umumnya kantong – kantong ini berisi cairan, nanah bahkan udara. Bentuk dari kista itu sendiri berbeda – beda, kista tersebut ada yang bisa membesar dan ada juga yang ukuranya menetap. Apabila kista tersebut membesar, maka dapat pecah, dan menimbulkan rasa sakit pada penderita.

Pada umumnya kista digolongkan sebagai jenis tumor jinak yang sering ditemui pada organ reproduksi wanita. Namun begitu apabila kista tidak mendapat penanganan dengan baik, maka bisa menjadi kanker.

Jenis – Jenis Kista Yang Paling Umum

Pada umumnya, ada beberapa jenis kista yang sangat umum dan sering kita jumpai, antara lain:

  1. Kista Epidermoid

Jenis kista ini muncul pada lapisan kulit atau lebih dikenal sebagai daging tumbuh. Kista ini terihat seperti benjolan dengan permukaan yang halus.

  1. Kista Sebaceaous

Kista ini juga timbul pada permukaan kulit. Kista jenis ini muncul karena kelenjar sebum yang mengeluarkan minyak lalu terjebak didalam benjolan tersebut. Semakin lama benjolan itu ada maka akan semakin besar dan tebal.

  1. Kista Ganglion

Kalau kita pernah melihat pergelangan tangan atau bahkan jari kaki, jari tangan yang membengkak dan lunak ketika dipegang, maka kemungkinan besar itu adalah jenis kista ganglion.

  1. Kista Baker’s

Ciri dari kista ini adalah terdapat kantong cairan pada bagian sendi dibawah tekukan lutut. Kista ini juga bisa mengurangi pergerakan sendi, seperti ketat dan sulit bergerak.

  1. Kista Ovarium

Bagi kaum wanita, kita perlu berhati – hati dan lebih ekstra dalam menjaga kesehatan. Karea kista ovarium terjadi pada wanita, tepatnya pada bagian ovarium wanita.

  1. Kista Payudara

Pada wanita kista payudara ini kemungkinan besar dapat terjadi, biasanya jenis kista ini termasuk kista jinak dan tidak menjadi kanker. Ukuran kista payudara ini bisa berubah menjelang dan sesudah menstruasi.

  1. Kista Vagina (kista Bartholin’s)

Masih seputar wanita, kista vagina dapat terjadi pada bagian vagina wanita. Biasanya kista vagina muncul pada kelenjar batholin atau yag sering kita kenal sebagai kelenjar pelumas yang berfungsi memberikan cairan pada vagina.

  1. Kista Serviks (Kista Nabothian)

Saluran reproduksi wanita memang sangat berisiko terjadi kista, kista serviks juga terjadi pada leher rahim wanita. Ukuranya memnag kecil, namun tanpa penanganan yang baik akan terus berkembang dan memperbanyak diri.

  1. Kista Ginjal (Kista Solitary)

Bagi para lansia, kista ginjal seringkali mengampiri kista ginjal ini tidak berbahaya bagi tubuh, namun bisa memicu penyakit ginjal lainya.

Kenali Gejala Jenis Kista Sedini Mungkin

Kista memiliki beberapa gejala yang berbeda sesuai jenisnya, dibawah ini kita akan pelajari gejala masing – masing kista dan apa itu penyakit kista, antara lain:

1. Gejala Kista Epidermoid

Penyakit kista epidermoid bisa dibilang tidak menunjukan gejala apapun pada penderita. Hanya terlihat bintik merah dan menjadi tumpul yang tumbuh dari bawah kulit secara perlahan.

2. Gejala Kista Sebaceaous

Gejala yang ditimbulkan oleh kista sebaceaous ini adalah timbulnya bintik seperti jerawat kecil yang tidak berbahaya bagi tubuh. Biasanya ukuran kista ini sangat kecil, dan dapat tumbuh lebih dari 5 cm apabila tidak di lakukan pengobatan yang baik.

3. Gejala Kista Ganglion

Kista ganglion ini akan menunjukan gejala yang tidak begitu bisa di ketahui oleh penderita. Namun, setelah selang beberapa waktu kista ini akan menyebabkan kesemutan bahkan mati rasa pada sendi penderitanya.

4. Gejala Kista Baker’s

Kista baker’s ini menunjukan gejala pada penderitanya berupa keterbatasan gerak lutut dan apabila dibiarkan terlalu lama maka penderita kan mengalami memar dan bengkok pada lutut dan betis.

5. Gejala Kista Ovarium

Beberapa gejala kista ovarium yang bisa kita kenali pada wanita yang menderita kista ini seperti nyeri pinggul sampai paha, biasanya nyeri ini dialami sebelum sampai dengan menstruasi berlangsung. Kista ini bisa menimbulkan rasa sakit yang berat saat penderita buang air kecil atau air besar. Seringkali gejala mual, pusing dan muntah juga dialami penderita.

6. Gejala Kista Payudara

Beberapa gejala kista payudara yang mudah kita kenali antara lain:

  • Terdapat benjolan pada payudara.
  • Benjolan biasanya berbetuk bulat atau lonjong serta mudah bergerak.
  • Puting mengeluarkan cairan berwarna cokelat atau kuning degan bau yang tidak enak.
  • Payudara terasa sakit dan tidak nyaman.
  • Ukuran payudara menjadi lebh besar atau bengkak.
  • Ukuran payudara menjadi lebih kecil setelah mesntruasi.

7. Gejala Kista Vagina (Kista Bartholin’s)

Kista jenis ini biasanya tidak menunjukan gejala yang mudah dikenali, biasanya hanya muncul benjolan pada vagina dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual.

8. Gejala Kista Serviks (Kista Nabothian)

Bagi kaum wanita mengalami pendarahan dan keputihan yang panjang itu sangat mengganggu kenyamanan. Keputihan dan pendarahan ini juga merupakan salah satu tanda bahwa anda mengalami kista servks.

9. Gejala Kista ginjal (Kista Solitary)

Kista ginjal ada dua macam, yaitu kista kecil dan bsear. Pada kista kecil biasanya tidak emnunjukan gejala apapun pada penderita, namun pada kista besar biasanya menunjukan gejala seperti nyeri pada salah satu punggung, merasa mual dan muntah, sakit perut, dan demam.

Bahaya Penyakit Kista yang Wajib Diketahui

Setelah kita mengetahui apa itu penyakit kista, tentu kita juga harus tahu bahaya yang bisa ditimbulkan penyakit kista. Berikut ini beberapa bahaya dari penyakit kista.

  • Mandul atau tidak dapat memiliki keturunan.
  • Bisa terkena kanker endometrial.
  • Berisiko terkena darah tinggi.
  • Obesitas.
  • Berisiko tinggi terkena diabetes.

Pengobatan Medis Kista dengan Operasi

Dalam mengobati penyakit kista dengan cara medis seringkali dilakukan dengan cara operasi, biasanya operasi yang dilakukan untuk mengobati kista, antara lain:

1. Operasi Laparoscopi

Operasi ini dilakukan dengan sayatan kecil derah pusar dan memasukan instrumen ke dalam perut untuk mengobati kista.

2. Operasi Laparotomy

Operasi jenis ini biasanya dilakukan dengan sayatan besar untuk menghilangkan kista.

3. Operasi untuk Menekan Tumbuhnya Kista

Kemungkinan tumbuhnya kista memang bisa saja terjadi maka untuk meminimalisasi pertumbuhanya bisa dengan melakukan operasi.

Pengobatan Herbal Kista yang Recomended

Penanganan kista secara herbal memang tidak dapat dilihat hasilnya secepat penanganan secara medis, karena pengobatan yang diberikan serba herbal dan tidak menimbulkan efek samping. Beberapa tanaman dan hewan yang dapat digunakan antara lain:

1. Mahkota Dewa

Buah mahkota dewa mempunyai kandungan zat aktif yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Tidak hanya itu, buah mahkota dewa yang kaya akan kandungan zat aktif seperti polifenol, saponim dan flavonoid ini juga berfungsi sebagai anti bakteri. Kandungan zat lainnya seperti flavonoid pada buah mahkota juga berkhasiat sebagai anti radang ketika terjadi pembengkakan.

2. Benalu Teh

Benalu tidak selamanya mengganggu dan tidak memiliki nilai manfaat. Tumbuhan yang mengandung flavonoid, chalcones, dan glycoflavonols ini sangat bermanfaat untuk menguatkan sistem imun dalam tubuh. Tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, benalu teh ini nyatanya juga bisa mengatasi penggumpalan darah, zat anti kanker dan anti alergi.

3. Kunyit Putih

Mungkin anda mengira bahwa kunyit hanya bisa digunakan untuk bumbu masakan saja. Nyatanya jenis kunyit putih atau tanaman yang mempunyai nama latin Curcuma Mangga ini juga ampuh dijadikan obat herbal. Kandungan antioksidan dan anti inflamasi dalam kunyit putih inilah yang membuatnya tepat guna dijadikan obat kista.

4. Rumput Mutiara

Tumbuhan yang mempunyai nama latin Hedyotis Corymbosa ini sejenis tanaman perdu yang umum dijadikan sebagai obat kista. Meskipun tergolong tanaman liar, rumput mutiara ini juga bisa dijadikan sebagai obat radang panggul.

5. Teripang

Ramuan untuk mengobati penyakit kista tidak selalu berasal dari tumbuhan, teripang ini salah satunya. Anda bisa menggunakan teripang atau gamat yang mempunyai habitat di dasar laut sebagai obat kista. Kandungan Frondoside A pada teripang mampu mematikan sel – sel kanker. Penggunaan teripang sebagai obat kanker ini berlaku untuk beragam jenis kanker seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker hati, dan kanker prostat. Teripang sebagai obat kanker juga dipercaya bisa bekerja layaknya kemoterapi. Untuk cara konsumsinya kini kian mudah, anda bisa menjumpai ekstra teripang dalam bentuk obat cair maupun kapsul.

Semoga ulasan ini berguna dan menambah referensi anda.

Baca artikel lain mengenai Jus Wortel untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.